foto: thesun

batampos.co.id – Masyarakat diminta untuk menjaga kebersihaan lingkungan sekitar dengan tidak buang sampah sembarangan. Hal itu dirasa tepat sebagai langkah untuk mengantisipasi banjir.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi kembali meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, salah satu penyebab banjir adalah sampah yang menumpuk di drainase.

“Jadi sama-samalah kita jaga kebersihaan. Jangan buang sampah sembarangan, karena bisa sebabkan banjir,” terang Rudi di Batamcenter, Rabu (20/9).

Dikatakan Rudi, saat ini pihaknya hanya bisa mengantisipasi banjir sementara. Yakni dengan mengajak seluruh PNS dan masyarakat goro bersama membersihkan sampah. Terutama untuk daerah-daerah yang rawan banjir.

“Drainase penuh sampah. Saat goro selalu kita temukan sampah. Itu karena apa??, karena kesadaran masyarakat buang sampah pada tempatnya masih kurang,” imbuh Rudi.

Pihaknya juga telah menyediakan alat berat untuk pengerukan sampah di drainase-drainase besar. Bahkan, beberapa drainase di beberapa lokasi tengah dalam pembangunan dan pelebaran, seperti di daerah Jodoh, Batamcenter, Seibeduk, Sagulung, Batuaji dan daerah lainnya.

“Semua drainase yang dirasa kecil dan menyebabkan banjir, itu kami perlebar. Mudah-mudahan cara itu ampuh untuk pencegahan banjir,” pungkas Rudi. (she)

Respon Anda?

komentar