batampos.co.id – Pasti sudah pada kenal dengan aerobik, pasti pula sudah tahu ada senam yang disebut zumba. Namun apa bedanya?

Iklan

Acara Aerobic Competition dan Zumba Fitness Party di Kepri Mall, 24 September 2017 yang digagas Batam Pos bakal menjadi perpaduan yang apik.

Pasalnya, selama ini masyarakat awam sering kali sulit membedakan gerakan aerobik dengan gerakan zumba.

Senam aerobik lebih memberikan kekuatan pada otot-otot utama dan selain itu banyak melibatkan kardio dan lebih menambah kekuatan.

Perbedaan utama aerobik dengan zumba adalah tidak ada gerakan dance di dalam aerobik.

Singkatnya, zumba adalah senam yang fokus pada pembakaran lemak, sedangkan aerobik adalah senam yang fokus pada pembentukan otot.

Pada zumba, elemen utamanya adalah musik dan orang yang melakukannya merasa sedang berpesta ketimbang sedang berlatih senam. Itulah yang dilakukan zumba.

Salah satu instruktur zumba di Batam, Rosa mengaku sudah tidak sabar dengan acara Aerobic Competition dan Zumba Fitness Party ini.

Terlebih dengan kehadiran pelopor zumba di Indonesia, Junko Agus dalam acara tersebut.

“Saya merasa senang sekali dengan ikut acara itu yang nantinya saya akan punya referensi gerakan zumba terbaru dari Junko,” ujar Rosa kepada Batam Pos, Rabu (20/9).

Menurutnya, kebanyakan masyarakat lebih memilih melakukan gerakan zumba ketimbang aerobik.

“Zumba lebih banyak membakar kalori daripada aerobik,” kata Ocha, sapaan akrabnya.

Meski begitu, aerobik maupun zumba sama-sama bertujuan sama, yakni menyehatkan tubuh dan pikiran menjadi fresh.

“Acara yang memadukan aerobik dan zumba yang digagas Batam Pos sangat positif bagi penggemar kedua olahraga ini. Dengan begitu komunitas aerobik dan komunitas zumba di Batam bisa berkumpul jadi satu,” jelasnya.

Junko Agus menambahkan, olahraga zumba ini lebih disukai dan sedang tren di kalangan masyarakat karena gerakannya yang variatif dan tidak mudah bosan.

“Memadukan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamengo yang seksi membuat zumba kini digilai masyarakat,” tambah Junko. (cr16)