Sejumlah siswa SMPN 28 Batam membersihkan air hujan yang masuk kedepan kelas, Selasa (29/8). . F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kota Batam akan merelokasi SMPN 28 Batam yang berada di Batamcenter tahun 2018 mendatang.

Iklan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan sebelumnya pemerintah berencana menimbun sebagian area sekolah untuk menghindari banjir. Namun hal ini dirasa kurang efektif.

“Lebih baik direlokasi saja, lahan sudah ada,” kata dia, Rabu (20/9).

Saat ini pihaknya sudah mendapatkan hibah lahan dari pengusaha seluas satu hektar. Lokasi tersebut tidak jauh dari lokasi sekolah saat ini dan bebas banjir.

“Pembangunan akan dimulai tahun depan, dan mereka yang sekarang masih belajar di lokasi lama akan dipindahkan bertahap,” jelasnya.

Muslim menyebutkan telah memasukkan relokasi SMPN 28 Batam menjadi salah satu proyek prioritas tahun depan. Pihaknya telah mengusulkan Rp. 6 miliar untuk relokasi sekolah.

Di lahan seluas satu hektar tersebut, nantinya juga akan dipadukan dengan pembanguna SD baru. “Yang ini menyusul dan tidak sekaligus, karena kita melihat kebutuhan sekolah dasar di sana cukup tinggi,” terang pria 59 tahun ini.

Disinggung mengenai relokasi SMPN 6 Batam, Muslim menyebutkan belum ada rencana, karena pemko masih dahulukan proyek prioritas yakni pembangunan sekolah.

“Dulu kita pernah mau relokasi namun warga di sana menolak,” tutupnya. (Cr17)