Iklan
Warga Tanjunguban dan sekitarnya melakukan donasi untuk muslim Rohingya, di
Masjid Besar Baitul Makmur, Tanjunguban, Kamis (21/9) kemarin. F.Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Gerakan kepedulian terhadap muslim Rohingya dilakukan di sejumlah daerah. Di Tanjunguban, penggalangan dana yang diprakarsai Persaudaraan Muslimah (Salimah) juga dilakukan di Masjid Besar Baitul Makmur, Tanjunguban, Kamis (21/9).

Iklan

Dari penggalangan itu, terkumpul sebesar Rp 24.675.200. Ketua pelaksana aksi donasi untuk muslim Rohingya, Novy Harlinda mengatakan, aksi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia bertepatan dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1939 hijriah.

Dikatakannya, pihaknya menggerakkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari ormas, majelis taklim, sampai dengan melibatkan pemerintah dan dewan untuk kegiatan kemanusiaan ini.

“Alhamdulillah, ini bukti kalau masyarakat Tanjunguban dan sekitarnya solidalitasnya tinggi, ukhuwah islamnya sangat baik,” katanya.

Meski keterbatasan teritorial, namun masyarakat Tanjunguban dan sekitarnya tergerak hadir di acara ini untuk memberikan dukungan dan sumbangan bagi muslim Rohingya di Myanmar.

Dari kegiatan yang berlangsung selama dua jam itu, ia menyebutkan, berhasil mengumpulkan sekitar Rp 24 juta. Sumbangan itu akan disalurkan ke lembaga yang resmi di pemerintah tingkat Kepri, dan kemudian disalurkan ke pusat.

“Ada lembaga yang sah dan resmi dari kedua belah pihak, baik Indonesia dan di Myanmar sana, yang akan menyalurkan sumbangan ini,” tukasnya.

Tidak sampai di sini, ia mengatakan, kegiatan kemanusian akan digelar
di beberapa kesempatan lainnya. (cr21)