batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi segera akan melaunching, perpanjangan jam pelayanan puskesmas hingga pukul 22.00 WIB, setiap harinya.

Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Insyaallaah, kalau tidak Selasa, mungkin Rabu (27/9) mendatang, kita akan launching program baru perpanjangan jam pelayanan puskesmas disini,” jelas Apri, di Kantor DPRD Bintan, Jumat (22/9).

Apri menjelaskan program ini, bertujuan untuk memaksimalkan pemberdayaan puskesmas yang ada, demi meningkatkan layanan kesehatan terhadap masyarakat.

Dirinya juga menilai sejak diterapkannya program berobat gratis, peningkatan jumlah pasien yang memeriksakan kesehatannya di RSUD Bintan, terus meningkat pesat, sehingga RSUD menjadi satu-satunya tumpuan untuk menampung segala keluhan terhadap kesehatan masyarakat.

Untuk itu, lanjutnya perlu dilakukan pemberdayaan secara maksimal terhadap seluruh puskesmas yang ada di Bintan, terkhususnya di wilayah yang jumlah penduduknya besar, sehingga nantinya pemeriksaan kesehatan juga bisa dilakukan secara merata.

“Ini kita lakukan sebagai upaya pembenahan agar masyarakat yang ingin berobat bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas terdekat, tanpa harus jauh-jauh datang ke rumah sakit,” terangnya.

Apri menuturkan untuk realisasi pertama, pihaknya akan fokus memberlakukan penambahan jam pelayanan ini terhadap puskesmas yang berada di wilayah yang padat jumlah penduduknya.

“Program ini tidak langsung menyeluruh dilakukan. Tapi pertamanya, kita akan targetkan di Kecamatan Bintim, Binut, dan Seri Kuala Lobam. Lalu akan menyusul dilokasi lainnya,” sebutnya.

Dirinya juga sudah meminta kepada Dinas Kesehatan untuk melengkapi segala kebutuhan yang diperlukan di setiap puskesmas, yang akan menjadi fokus utama penambahan jam pelayanan.

“Kita sudah minta, agar Dinkes segera mencatat ulang segala keperluan untuk mendukung ini. Jadi semuanya juga harus dilengkapi sehingga pelayanan yang diberikan juga maksimal nantinya,” terangnya.

Ia berharap mudah-mudahan program berobat gratis yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah dapat terus memberikan manfaat secara menyeluruh kepada masyarakat. (cr20)

Respon Anda?

komentar