Foto Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kasi Datin Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Suratman menghimbau masyarakat tak terpengaruh berita hoax yang menyebutkan suhu Batam atau Kepri mencapai 40 °C. Saat fenomena Equinox terjadi, Sabtu (23/9).

Fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ini, merupakan hal yang normal. Dan untuk Kepri, khususnya Batam suhu tertinggi saat fenomena Equinox hingga 34,5 °C.

“Itu dari data-data tahun lalu. Tak pernah sampai 36 °C atau bahkan 40 °C,” katanya, Jumat (23/9).

Ia mengatakan dari perkirakan Stamet Hang Nadim, Sabtu (23/9) suhu Batam dikisaran 31 °C. Dengan kondisi cuaca berawan di pagi hari dan siangnya hujan dengan intensitas lokal.

Dijelaskan oleh Suratman Equinox adalah salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September. Saat fenomena ini berlangsung, di luar bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan.

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 °C. Equinox bukan merupakan fenomena seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Menyikapi hal ini, Suratman mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang. (ska)

Advertisement
loading...