batampos.co.id – Kapal feri cepat Natuna Bahari 2 milik Pemda Natuna akan dihapus dari aset daerah. Dengan pertimbangan tidak lagi bisa diperbaiki. Sudah hampir lima tahun terakhir tidak lagi digunakan.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar DJ mengatakan, dengan kondisi kapal feri Pemda Natuna Bahari 2 saat ini sudah tidak bisa lagi diperbaiki. Apalagi usianya sudah 18 tahun, berdasarkan kelayakan operasi, kapal feri berbahan fiber hanya bisa layak digunakan selama 10 tahun.

“Feri Natuna Bahari sudah diupayakan diangkat, tapi badan feri sudah patah. Solusinya feri fiber pengadaan tahun 2011 ini akan dihapus dari aset daerah,” ujar Iskandar kemarin.

Dikatakan Iskandar, pihaknya sudah berupaya untuk mengangkat kapal feri agar bisa diperbaiki. Tetapi petugas perbaikan tidak menjamin bodi kapal bisa diangkat dengan pertimbangan kapal Natuna Bahari terbuat dari bahan fiber.

Bahkan kata Iskandar, pihaknya juga sudah berkonsultasi dengan pihak galangan kapal di Batam. Namun dari hasil survey tim ahli juga berkesimpulan kapal feri fiber sudah berusia 18 tahun tersebut tidak bisa diperbaiki lagi.

“Menghapus aset kapal feri Natuna Bahari 2 dengan cara dilelang. Meski badan kapal sudah bocor, mesin masih lengkap, alat navigasi juga masih lengkap,” ujarnya.(arn)

Respon Anda?

komentar