Salah satu pasien RSUD Provinsi Kepri, sedang melakukan triedmill. Ini dilakukan guna mendeteksi gejala penyakit jantung konorer. F. Choky Nainggolan/Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Kepri, kini menyediakan fasilitas Triedmill, yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi jantung, sehingga dapat mencegah bahaya penyakit jantung sejak dini.

Dokter Spesialis Jantung, RSUD Provinsi Kepri, dr Nanda Iryuza mengatakan triedmill ini memiliki manfaat, tidak hanya bisa digunakan bagi penderita sakit jantung, melainkan juga bisa digunakan terhadap orang-orang yang sehat.

“Fungsinya sangat besar. Diantaranya, bisa melihat apakah ada indikasi ke arah penyempitan koroner jantung. Artinya apakah si pasien memiliki sakit jantung koroner yang berbahaya,” jelas Nanda, Senin (25/9).

Ia menuturkan triedmill ini juga dilengkapi dengan pemeriksaan rekam jantung, sehingga berbagai kelainan yang mengarah ke penyakit jantung, akan sangat mudah terdeteksi.

“Dengan dilakukannya triedmill, tentunnya akan kelihatan apakah ada indikasi penyumbatan atau tidak. Sehingga bisa diambil kesimpulan tidakan apa yang akan diambil, seperti pemasangan ring maupun operasi jantung,” terangnya.

Nanda menjelaskan dalam pengoperasian triedmill ini nantinya, pasien akan melalui tes, dimulai dari berjalan hingga berlari ditempat.

“Pasien yang melalui test triedmill ini juga akan didukung, dengan alat Echo kardiografi. Sejenis USG untuk melihat kondisi jantung. Mulai dari pompa jantung masih baik atautidak. Fungsi katub-katub jantung apakah ada yang bocor, serta mampu melihat struktur anatomi jantung apakah normal atau ada kelainan,” jelasnya.

Menurutnya, ada empat faktor yang menjadi hal utama orang bisa terkena serangan jantung. Pertama melalui faktor keturunan, yang diturunkan ke anaknya, sehingga lebih beresiko terkena penyakit jantung.

Kedua melalui pola makan yang tidak teratur, seperti banyak memakan makanan yang berlemak dan bersantan. Ketiga melalui kebiasaan merokok, sehingga mengakibatkan resiko yang sangat tinggi untuk terkena serangan jantung, serta faktor kurangnya aktifitas fisik seperti olahraga yang diwajibkan setiap hari minimal berolahraga selama 30 menit. Seperti olahraga joging, sepeda, dan berenang.

“Sudah saatnya mulai dari sekarang harus menjaga kesehatan, dengan selalu menerapkan pola hidup sehat. Dan jangan lupa untuk check up kesehatan selalu, agar bisa diantisipasi apabila ada penyakit yang membahayakan jiwa. Salah satunya dengan melakukan Triedmill,” imbuhnya. (cr20)

Respon Anda?

komentar