Iklan

batampos.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kepri, Rudy Chua buka suara terkait adanya desakan yang disampaikan pimpinan DPRD Kepri kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk segera melakukan perombakan kabinet. Lantaran mendapati Gubernur Nurdin sulit untuk mengendalikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kepri, Ridwan Hamta.

Iklan

“Memang kami bukan berwenang untuk melakukan penilaian kinerja. Karena itu ranahnya Gubernur untuk bekerja, tetapi karena Koperasi UKM adalah mitra, tentu kami bisa melihat, bahwa tindakan yang ditunjukan adalah sebuah bentuk perlawanan,” ujar Rudy Chua menjawab pertanyaan Batam Pos, Selasa (26/9) di Tanjungpinang.

Politisi Partai Hanura tersebut juga membeberkan, kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait juga tidak pernah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan DPRD terkait program kerjanya seperti apa. Diakui Rudy, pihaknya juga mendapatkan informasi, pejabat eselon II tersebut sudah tidak mengindahkan tanggungjawab yang diberikan kepada dirinya.

“Memang kita ketahui, tahun depan pejabat terkait akan pensiun. Padahal ada beberapa yang juga akan pensiun, tetapi tidak bertingkah demikian,” paparnya.

Masih kata Rudy, mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pasal 116 memang menegaskan, Gubernur tidak bisa melakukan pergantian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) selama dua tahun setelah dilantik.

“Kemudian pada pasal yang sama juga dijelaskan, pergantian bisa dilakukan setelah mendapatkan persetujan Presiden,” jelasnya.

Menurut Rudy, Gubernur jangan hanya terpaku pada regulasi tersebut. Karena masih ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil. Artinya, Gubernur bisa melakukan perombakan kabinet, apabila ada yang salah dilakukan oleh JPT.

“Konsekuensi dari persoalan ini tetap saja menuju ke Gubernur. Karena dinilai tidak bisa melakukan kontrol dan pengawasan secara baik terhadap bawahannya,” tegas Rudy.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa pihaknya terus bekerja keras menciptakan kesejahteraan di Kepri. Terbukti dalam beberapa pekan ini, tingkat kebahagiaan masyarakat Kepri terus meningkat. Namun demikian, pemprov Kepri terus berkomitmen meningkatkan kinerjanya agar angka pertumbuhan ekonomi dapat meningkat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas masukan dari DPRD. Kedepan kerjasama ini harus terus ditingkatkan untuk Kepri lebih baik lagi,” ujar Gubernur.(jpg)