Iklan
Danramil 03 Kundur Mayor Czi Slamet Wahyudi bersama masyarakat saat nonton bareng film G30S/PKI di Akaw Tanjungbatu. F. Imam Sukarno/Batam Pos.

batampos.co.id – Komando rayon militer (Koramil) 03 Kundur Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun melakukan Road Show selama sepuluh hari nonton bareng (nobar) film sejarah penumpasan gerakan 30 September (G30S) PKI di empat kecamatan Kundur, Kundur Utara, Kundur Barat dan Belat. Acara pemutaran film G30S PKI sendiri sudah diawali sejak 21 September, dan puncaknya 30 September di Balai Pemuda dan Budaya Tanjungbatu Kota.

Iklan

Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Kundur Mayor Czi Slamet Wahyudi menegaskan, jika nonton bareng pemutaran film sejarah penghianatan G30S/PKI untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda, pelajar dan masyarakat jika Indonesia pernah mengalami sejarah kelam pada masa lalu. Gerekan partai komunis Indonesia (PKI) menculik sepuluh jenderal dan mengubur hidup-hidup dengan tindakan sadis, semoga sejarah kelam masa lalu tidak terulang kembali.

“Pemutaran film G30S/PKI untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda, pelajar dan masyarakat jika bangsa Indonesia pernah mengalami sejarah kelam. Harapanya agar sejarah kelam tidak terulang kembali,” tegas Slamet, Selasa (26/9) kemarin.

Dijelaskan pemutaran film G30S/PKI memanfaatkan sejumlah tempat berkumpulnya masyarakat (Akaw) yang ada di kecamatan Kundur. Sementara untuk kecamatan Kundur Utara nobar di simpang Tugu Nanas, berikut di kecamatan Kundur Barat, Belat dan terakhir di Balai Pemuda dan Budaya Tanjungbatu.

“Kita ingatkan masyarakat, generasi muda dan pelajar harus waspada terhadap gerakan PKI yang kapan saja bisa muncul kembali. Dalam hal ini kita harus bersatu, rukun dan kompak dalam menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI),” paparnya. (ims)