Iklan

batampos.co.id – Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur Kepri, Hotman Hutapea memberikan jaminan, proses pemilihan Wagub Kepri tidak akan molor lagi. Pimpinan DPRD Kepri juga sudah nyetujui untuk mengundang kedua Cawagub Kepri, Isdianto dan Agus Wibowo, Kamis (28/9) besok.

Iklan

“Kami bertindak tentunya setelah mendapatkan persetujuan dari pimpinan DPRD Kepri. Artinya, tidak bisa melanggar jalur yang ditentukan,” ujar Hotman menjawab pertanyaan Batam Pos, Selasa (26/9) usai rapat bersama pimpinan DPRD Kepri, kemarin.

Disinggung terkait adanya mis komunikasi antara Panlih dengan pimpinan DPRD Kepri. Politisi Partai Demokrat tersebut menegaskan hal tersebut tidak terjadi. Menurutnya, setiap perkembangan ataupun ada sesuatu yang rancu, tetap berkoordinasi dengan pimpinan DPRD.

“Seperti menyangkut masalah surat pernyataan kemarin. Kami meminta petunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas arahan pimpinan,” papar Hotman.

Ditegaskan Hotman, apapun bentuk pelaksanaan kegiatan di DPRD yang substansinya untuk pemerintahan, muara pertanggungjawabannya adalah Ketua DPRD sebagai pimpinan. Disebutkannya, Pimpinan DPRD juga sudah meneken surat undangan yang akan ditujukan ke masing-masing Cawagub.

“Surat sudah kita tandatangani dan langsung disampaikan ke masing-masing calon. Berdasarkan keputusan panlih kemarin, dua calon akan kita panggil di waktu berbeda. Pak Agus kita undang jam 9-10. Setelah itu pak Isdianto jam 10-11,Kamis nanti,” tutup Hotman.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak meminta kepada Panlih untuk tegas dalam menerapkan aturan. Ia berharap proses ini dapat berjalan cepat dan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang ada.

“Berkas apa saja yang kurang, segera minta calon lengkapi. Itu kalau kita mau gerak cepat,” ujar Jumaga.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan tersebut meminta agar panlih terus berkonsultasi dengan Kemendagri selama proses ini. Hal ini diperlukan untuk mencegah gugatan di kemudian hari. Panlih Wagub saat ini telah menyiapkan dokumen-dokumen isian calon Wagub sisa masa jabatan 2016-2021 sesuai Peraturan KPU. Berkas ini nantinya akan diserahkan ke Panlih sebagai syarat dimulainya proses pemilihan.

“Kita berharap proses pemilihan Wagub segera terlaksana. Sehingga Gubernur bisa fokus dalam bekerja,” papar Jumaga.(jpg)