Abdul Haris. F.Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Masyarakat Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan memiliki kebiasaan tersendiri. Mayoritas warga desa tersebut belum terbiasa mengkonsumsi sayuran. Makanan sehari-hari mereka hanya nasi dengan lauk ikan.

Iklan

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) seperti itu. Makanya saya berharap kepada ibu-ibu PKK agar memberikan penyuluhan terhadap warga disana agar mau mengkonsumsi sayuran,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, ketika menyampaikan pidatonya di acara Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) kemarin.

Tidak dipungkiri dalam memenuhi kebutuhan hidup sehat sayuran menjadi salah satu komponen di dalamnya. Sehingga tanpa sayuran maka kurang sempurna asupan gizi seseorang. Selain itu ia juga mengimbau kader PKK untuk mendata sejumlah desa yang dinilai layak dijadikan desa percontohan yang sehat, aman, tentram, bersih dan lainnya.
Ia menyarankan dalam jumlah 52 desa yang akan didata nantinya, lebih efektif dalam melakukan kontrol lebih baik desa yang tidak jauh dari jangkauan akses transportasi artinya desa yang dekat dengan ibukota kabupaten.

“Desa yang sehat juga perlu dilakukan survei dan jadikan desa tersebut sebagai contoh dari desa lainnya. Tujuannya memberi kesadaran kepada masyarakat betapa penting hidup sehat itu,” ujarnya.

Katanya, pola hidup sehat masyarakat Anambas harus ditingkatkan, hal ini bukan hanya tugas dari kader PKK saja, namun pemerintah daerah tentu hal ini dinas terkait harus lebih berperan aktif dan mengajak masyarakat lebih perduli dengan kesehatan lingkungan dan rumah tangganya. (sya)