Bagian aset Pemkab Natuna dan sektarian DPRD Natuna melakukan pengecekan mobil dinas anggota DPRD yang sudah dikembalikan. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Sebanyak 17 anggota DPRD Natuna mengembalikan mobil dinas yang sudah dipinjamkan. Sejak diterbitkannya peraturan Bupati mengatur tunjangan transportasi anggota DPRD.

Kepala Bagian Umum Sekretaris DPRD Natuna Hendra Kusuma mengatakan, saat ini 17 anggota DPRD Natuna sudah tidak lagi menggunakan kendaraan dinas Pemerintah. Karena sudah ditarik berdasarkan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2017, mengatur pemberian tunjangan transportasi anggota DPRD.

“Hanya anggota DPRD yang mengembalikan mobil dinas. Untuk pimpinan masih diberikan fasilitas mobil dinas, tetapi tidak mendapat tunjangan transportasi,” kata Hendra, Rabu (27/9).

Khusus pimpinan DPRD kata Hendra, diatur jika Pemerintah Daerah masih mampu menyediakan fasilitas kendaraan dinas, maka tidak diberikan tunjangan transportasi, sama halnya tunjangan perumahan. Namun untuk anggota, diberikan tunjangan transportasi sebesar Rp 13 juta per bulan.

“Dengan tunjangan transportasi Rp 13 juta perbulan, sudah tidak dibenarkan lagi masih menggunakan mobil dinas,” ujar Hendra.

Saat ini kondisi 17 mobil dinas anggota DPRD yang dikembalikan ke sekretarit DPRD sudah keseluruhannya. Namun 3 unit mobil masih dititipkan dibengkel karena kondisi rusak.

“Jadi sekarang anggota DPRD Natuna sudah tidak dibenarkan menggunakan mobil dinas,” ujar Hendra.

Kasubid perencanaan dan kebutuhan BPKPAD Pemkab Natuna Firman mengatakan, 17 mobil dinas anggota DPRD Natuna yang sudah ditarik Sekretarian DPRD sedang dilakukan pengencekan fisik dan kelengkapannya.

“Setelah didata dan pengecekan, mobil ini nanti secara resmi diserahkan Sekwan ke Sekda. Memang ada tiga unit mobil dinas DPRD di bengkel, satu unitnya kondisi rusak parah,” ujar Firman.

Dalam mekanismenya kata Firman, mobil dinas anggota DPRD bisa saja dilelang atau dipinjamkan untuk organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun kembali pada kebijakan Bupati. Sementara dalam mekanisme melelang, usia kendaraan harus lebih dari 10 tahun pemakaian.(arn)

Respon Anda?

komentar