Jumat, 29 Maret 2024

Deteksi Kanker Servik, Ada Pemeriksaan IVA

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama Ketua TP PKK Bintan Deby Apri Sujadi didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Bintan, drh Kartini, saat meresmikan Kampung KB di Desa Kukup, Tambelan, beberapa waktu lalu. F. Humas pemkab Bintan.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi dijadwalkan meresmikan kampung
keluarga berencana (KB) di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Kamis
(28/9) hari ini. Di mana, ditargetkan 11 kampung KB yang akan terwujud
di Bintan.

Kadis Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk
dan Keluarga Berencana Bintan, drh Kartini, mengatakan, satu lagi kampung KB akan diresmikan di Bintan. Sebelumnya, di tahun 2016, sudah ada 1 kampung KB. Tahun ini, ia menargetkan setiap kecamatan memiliki 1 kampung KB.

Dikatakannya, kegiatan ini akan disejalankan dengan pelayanan KB gratis untuk semua metode kontrasepsi serta pelayanan pemeriksaan IVA (inspeksi visual Asam dan Aset). Tujuannya adalah mendeteksi dini kanker servik.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi kemarin menuturkan bahwa seyogyanya tujuan pembentukan Kampung KB, bukan saja untuk menyukseskan program KB. Namun lebih kepada proyeksi jangka panjang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Menurut Apri, dalam Kampung KB ini juga akan disusun perencanaan pembangunan desa
yang meliputi pembangunan di segala bidang seperti kesehatan, pendidikan serta sosial kemasyarakatan. Untuk dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan tersebut, di kampung KB akan dilakukan optimalisasi semua perangkat dan institusi masyarakat desa, untuk bersama-sama membangun desa.

“Seperti yang disampaikan Kepala BKKBN Pusat beberapa waktu lalu di Jakarta, tujuan pembentukan kampung KB, tidak hanya untuk mensukseskan Program KB, seperti 2 anak cukup, dan pemakaian kontrasepsi, namun lebih dari itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran pembentukan Kampung KB ” tutup Apri. (cr21)

Update