Jumat, 29 Maret 2024

Bintan Kalahkan Bali

Berita Terkait

Sejumlah wisatawan berakhir pekan di Kawasan Wisata Lagoi Bay Bintan, Minggu (20/8). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Bintan terpilih sebagai destinasi wisata terbaik se-Indonesia setelah mengalahkan pesaingnya, Bali dan Bogor, pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 yang digelar di Bidakara, Jakarta, Rabu (27/9) malam lalu.

Penghargaan ini diberikan kepada Hotel Banyan Tree Resorts Bintan sebagai terbaik I kategori tata kelola hotel dan destinasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, mengatakan ajang ini diikuti dari 24 nominasi dari seluruh Indonesia. Ada empat kategori yang dilombakan dalam ajang tersebut. Yakni kategori tata kelola destinasi pariwisata, kategori pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal, kategori pelestarian budaya bagi masyarakat, dan pengunjung serta kategori pelestarian lingkungan.

“Ahamdulillah Banyan Tree Resorts Bintan berhasil menyisihkan Plataran L Harmoni Bali dan Taman Safari Bogor,” kata Luki, Kamis (28/9).

Dengan raihan ini, Banyan Tree Resorts Bintan akan mewakili Indonesia dalam ajang yang sama di tingkat ASEAN. Yakni ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA) 2017.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengapresiasi penghargaan itu. Menurutnya, konsep dan pengembangan pariwisata akan berkembang. Oleh karenanya, pembangunan beberapa infrastruktur harus terus disiapkan untuk menunjang kemajuan dunia pariwisata di Bintan. Pihaknya juga berjanji akan terus membangun sarana pendukum sektor wisata, seperti bandara di Tambelan dan Busung.

Dengan beroperasinya bandara tersebut, diharapkan wisatawan mancanegara singgah ke Bintan sebelum ke Malaysia atau Singapura. Ia juga menambahkan, beberapa infrastruktur akan terus dibenahi. Salah satunya pintu masuk Kawasan Pariwisata Terpadu Lagoi.

Sementara Direktur General Affairs dan HRD, Banyan Tree Resorts Bintan, Trizno Tarmoezi, mengatakan OSTA 2017 diikuti oleh 66 destinasi wisata dari 43 kabupaten/kota di 23 provinsi se-Indonesia. “Dari Kepri hanya Banyan Tree Resorts yang berpartisipasi,” katanya. (cr21)

Update