Iklan

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan mengimbau warga Bintan
segera mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Sebabnya, pada
pemilihan umum serentak 2019, surat keterangan domisiili yang diterbitkan pemerintah kelurahan atau desa tidak lagi menjadi syarat memilih.

Iklan

Kepala Kesbangpol Bintan, Karya Harmawan mengatakan, pihaknya sudah menyurati seluruh pemerintah di tingkat kecamatan di Bintan agar tidak lagi menerbitkan surat keterangan domisili. karena, menurutnya, dalam pemilihan serentak yang akan datang, mutlak harus menggunakan KTP Elektronik.

“Warga harus paham soal aturan itu, sehingga mulai dari sekarang mengurus KTP Elektronik,” katanya seusai sosialisasi tahapan pemilihan umum serentak 2019, di Tanjungpinang, Jumat (29/10) kemarin.

Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto melalui Kasat Intelkam AKP
Yudiarta Rustam meminta agar soslialisasi tahapan KPU harus benar-benar dilakukan,
untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi di pemilu serentak 2019. Termasuk, KTP Elektronik yang menjadi syarat mutlak, menurutnya, harus disosialisasi sehingga tidak ada lagi alasan masyarakat tidak tahu soal aturan itu.

Komisioner KPU Bintan, Sugiarto membenarkan, KTP Elektronik adalah syarat mutlak memilih, di pemilu serentak. Oleh karena itu, pemilih yang memilik hak memilih harus mengurus KTP Elektronik. “Jangan sampai ada lagi kasus pemilih yang tidak punya KTp Elektronik tapi memaksa memilih,” katanya.

Komisioner KPU Bintan lainnya, Carnita menambahkan, syarat multak ktp elektronik ini diatur dalam peraturan kpu nomor 7 tahun 2017 pada pasal 384 point i, di mana pemilih wajib memiliki ktp elektronik dan terdaftar dalam daftar pemilih tetap. (cr21)