Jumat, 29 Maret 2024

Batam Terancam Gagal Miliki BLK

Berita Terkait

batampos.co.id  – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan hingga saat ini pihaknya masih berusaha menemukan lokasi yang tepat untuk pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) sesuai keinginan Kementerian Tenaga Kerja.

“Setelah ditolak lahan yang kemarin itu, hingga kini kami belum dapat lokasi baru yang memenuhi permintaan Kemenaker,” kata Rudi (30/9).

Rudi menyebutkan kemungkinan Batam kehilangan kesempatan untuk memiliki BLK itu mungkin saja ada, pasalnya hingga kini lahannya tidak ada.

“Ya kita (kami, red) optimislah, makanya kita (kami, red) usahakan mencari lahan,” sebutnya.

Sebagai kota industri keberadaan BLK tentu sangat dibutuhkan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal Batam.

“Sangat penting, dan Kemenaker sudah buka pintu, tinggal Batam saja lagi,” ujar Rudi.

ilustrasi

Kesulitan mendapatkan lokasi untuk pembangunan BLK ini juga diungkapkan Walikota Batam, Muhammad Rudi. Usaha Batam untuk melengkapi infrastruktur untuk menunjang sektor industri di Batam terganjal ketersediaan lahan.

“Kewenangan bukan dari kami,” sebutnya.

Sesuai dengan permintaan Kemenaker, lokasi BLK harus berdekatan dengan laut, sedangkan saat ini kondisi di lapangan menurutnya informasinya sudah tidak ada.

“Saya sudah tawarkan di pulau, tapi mereka tidak mau,” terang Rudi.

Ia mengungkapkan, Pemko Batam selalu berupaya untuk melobi pusat guna mendapatkan proyek pembangunan diarahkan ke Batam.

“Yah kita tunggu sajalah, sekarang kadisnaker masih berusaha menemukan lahan, jangan sampai kita kehilangan kesempatan ini,” tutupnya. (cr17)

 

 

Update