Selasa, 23 April 2024

Anambas Perlu Dibangun SLB

Berita Terkait

ilustrasi.

batampos.co.id -Karena tidak tersedia pendidikan khusus seperti Sekolah Luar Biasa (SLB), sejumlah anak yang mengalami keterbelakangan mental di Anambas tidak tertangani dengan baik. Akibatnya mereka tidak bisa mengenyam pendidikan seperti pelajar pada umumnya.

Salah seorang warga Pasir Merah Kelurahan Tarempa Yana, mengatakan, jika keponakannya ada yang mengalami keterbelakangan mental. Sewaktu tinggal di Tanjungpinang, keluarganya bisa menyekolahkan keponakannya tersebut karena sekolahnya juga ada dari segala tingkatan mulai dari SD hingga ke tingkat selanjutnya.

Tapi setelah semua keluarganya pindah ke Anambas. Keponakannya tersebut tidak lagi bisa sekolah karena di Anambas tidak ada SLB. “Sewaktu belum pindah ke Anambas, anak itu ikut sekolah Slb di Tanjungpinang, tapi setelah pindah di Anambas keponakannya itu tidak bisa sekolah lagi karena tak ada sekolahnya,” ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Dirinya berharap di Anambas bisa dibangun Slb sehingga keponakannya itu bisa ikut lagi sekolah seperti biasa. Dirinya yakin bukan hanya keponakannya saja yang mengalami keterbelakangan mental. Tapi pastinya masih ada anak-anak lain yang mengalami hal yang sama yang membutuhkan pendidikan yang sesuai. “Kalau ada sekolahnya, pasti banyak anak berkebutuhan khusus yang masuk sekolah,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas Asiah, mengatakan, sebenarnya program pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah memiliki program untuk membangun Slb di tujuan Kabupaten Kota yang ada. Pihak Provinsi beberapa waktu lalu sudah menyurati daerah agar menyiapkan lahan untuk pembangunan Slb.

“Itulah masalahnya, kita belum bisa membalas surat dari Provinsi karena memiliki kendala yang mendasar yakni belum ada lahan untuk pembangunan sekolah itu,” ungkap Asiah kemarin. (sya)

Update