Jumat, 19 April 2024

Minta Tiket Sebelum Bayar Parkir

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

Setelah dimulainya sistem tiket parkir, petugas parkir wajib memberikan tiket pada pemilik kendaraan sebelum menerima pembayaran. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun telah melakukan sosialisasi pada pengelola dan petugas parkir yang ada di Pulau Karimun dan Pulau Kundur. Hal ini dilakukan karena Dishub telah mengeluarkan tiket parkir sepeda motor dan mobil.

“Saat ini parkir yang ada di Pulau Karimun dan Kundur sudah dibekali dengan tiket parkir yang diberikan kepada pengelola dan diteruskan ke petugas parkir di lapangan. Sebelum tiket parkir diberikan, terlebih dulu kita melakukan sosialisasi sekaligus mengingatkan untuk selalu menggunakan tiket parkir,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Karimun, Fajar Horizon, Senin (2/10).

Warga diajak untuk ikut mengawasi dengan cara selalu meminta tiket parkir kepada petugas parkir sebelum membayar uang parkir. Sayangnya dia mengakui masih ada warga yang kurang peduli dengan tiket parkir. Diberi tiket atau tidak, jika diminta uang parkir, tetap dibayar. Karena nilainya dianggap kecil, Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil.

“Padahal salah satu tujuan dari tiket parkir ini untuk menghindari parkir liar dan juga untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Jika warga mengetahui ada petugas yang tidak memberikan tiket, dapat memberitahukannya kepada kami. Sehingga, kami bisa menurunkan petugas dari Dishub untuk memberikan teguran,” jelasnya.

Menyinggung tentang pencapaian PAD dari parkir, Fajar menyebutkan, untuk pencapaian PAD baru sekitar 70 persen dari target sebesar Rp 150 juta. “Target tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Untuk itu, kami mengeluarkan tiket parkir. Sehingga, target parkir bisa ditingkatkan. Sebab, selama ini tiket parkir tidak ada. Harapan kami pendapatan parkir bisa lebih besar dari target,” paparnya. (san)

Update