Seorang anggota Batalyon Raider Khusus 136/Tuah Sakti memberikan penjelasan tentang senjata kepada murid TK saat berkunjung ke pameran alutista peringatan HUT TNI ke-72 di dataran Engku Putri Batamcenter, Rabu (4/10). F Cecep Mulyana/Batam

batampos.co.id – Ratusan senjata milik TNI dipamerkan pada pameran alat utama sistem persenjataan (Alutsista) di Dataran Engku Putri, Batamcenter, Rabu ( 4/10). Di antara ratusan senjata yang dipamerkan terdapat NTW-20 Truvelo hingga Black Arrow.

Senjata sniper NTW- 20 memiliki berat hingga 34 kilogram. Senjata yang dibekali alat bidik teleskopik dengan pembesar hingga 10 kali ini memiliki jarak jangkau hampir 2.300 meter (2,3 Km). Proyektil yang dimuntahkan dari laras SPR2 dapat melesat dengan kecapatan 900 meter per detik dan dapat menjebol tank baja 10 mm.

Senjata canggih sniper lainnya adalah Truvelo dan Black Arrow. Dua jenis senjata ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan NTW 20. Hanya saja, jarak bidik kedua senjata ini lebih pendek yakni 1.800 meter.

“Tiga jenis senjata itu termasuk Alutsista yang canggih di Kepri. Karena itu kami pamerkan dalam pameran ini agar masyarakat bisa melihat langsung,” kata Koordinator Pameran Alutsista TNI, Letkol Marinir, Didik Iwan yang menjabat sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IV Tanjungpinang, pada sela pameran.

Selain tiga jenis senjata api tersebut, ada lagi ratusan senjata dan perlengkapan yang dimiliki TNI Angkatan Darat ( AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Menurut dia, seluruh senjata yang dipamerkan mulai dari biasa hingga canggih.

“Banyak senjata hingga transportasi yang biasa kami gunakan untuk bertugas. Dalam hal ini kami juga menggandeng kepolisian,” terang Iwan.

Menurut dia, pameran sehari Alutsista lebih untuk mengedukasi masyarakat tentang senjata yang dimiliki TNI. Paling tidak masyarakat tahu dan mengerti seperti apa saja jenis senjata TNI.

Kepala Penerangan Korem 033/WP, Mayor AR Sipahutar, mengatakan selain pameran, pihaknya juga menggelar gladibersih persiapaan untuk upacara peringatan HUT TNI ke 72 di tempat yang sama. Upacara itu nantinya akan diikuti 1.300 anggota TNI. (she)