Selasa, 23 April 2024

Lis Keluhkan Lambatnya Pembahasan APBDP

Berita Terkait

batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengeluhkan lambatnya pembahasan APBD Perubahan 2017 di tingkat DPRD Tanjungpinang. Karena menurut Lis, sudah cukup lama waktu yang menjeda sejak pembahasan kebijakan umum anggaran. Padahal, kata dia, biasanya tahapan ini hanya berlangsung seminggu saja.

Karena itu, dikhawatirkan terjadi keterlambatan pada pengesahan APBD Perubahan tahun ini. Jika terjadi, dapat berimbas pada keterlambatan pula pengerjaan program-program yang tersisa di triwulan akhir tahun ini. “Masalahnya kalau sampai terlambat, jangan Pemko yang disalahkan,” tegas Lis, Rabu (4/10).

Mengapa Pemko Tanjungpinang enggan disalahkan jikalau sampai terjadi keterlambatan, Lis menerangkan pihaknya sudah siap melakukan pembahasan lanjutan. Bahkan kalau perlu disejalankan dengan pembahasan rancangan APBD 2018 yang memang sudah lebih dahulu diajukan ketimbang APBD Perubahan tahun ini.

“Kalau juga tidak ada lanjutan dari DPRD, saya akan surati mereka untuk mempercepatnya,” tegas Lis.

Terpisah, anggota Badan Anggaran DPRD Tanjungpinang, Simon Awantoko menjelaskan bahwa DPRD Tanjungpinang sedang dalam pembahasan APBD Perubahan 2017 ini. “Sekarang sedang pembahasan APBD P, masih di KUA-PPAS. Belum masuk sampai pembahasan detail dengan OPD terkait. Kami masih membahas dengan TAPD dulu,” ujar Simon.

Pada postur APBD Perubahan tahun ini, Pemko Tanjungpinang mendapatkan kucuran dana tambahan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 29,99 miliar. Angka itu akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan yang sudah mendesak dan sudah diajukan pada tahap sebelumnya. Kenaikan DAK pada perubahan anggaran tahun ini juga menambal penurunan yang diterima Pemko dari penerimaan alokasi dana alokasi umum sebesar Rp 3,97 miliar. (aya)

Update