Selasa, 16 April 2024

Budidaya Ikan Kerapu Jadi Produk Unggulan Desa

Berita Terkait

Bumdes Balkis Jaya budidaya ikan kerapu. Saat ini budidaya ikan ini jadi produk unggulan Desa Rawa Jaya Moro. F.Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Pemanfaatan Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, saat ini sudah dapat dirasakan oleh masing-masing desa yang ada di kabupaten Karimun. Salah satunya, Desa Rawa Jaya kecamatan Moro yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan penyertaan modal untuk menjadikan produk unggulan desa Rawa Jaya yaitu budidaya ikan kerapu.

”BUMDes Balkis Jaya ada artinya, yaitu BUMDes yang meliputi tiga Dusun yaitu Dusun Buah Rawa, Kampung Kang dan Selat Binga. Sehingga budidaya ikan kerapu yang dikelola oleh BUMDes Balkis Jaya ini, bisa menjadikan produk unggulan Desa Rawa Jaya. Dan penjualannya ikan kerapu sudah ada yang nampung,” jelas Kepala Desa Rawa Jaya M Sirat, Sabtu (7/10) kepada Batam Pos.

Dengan diawali bibit ikan kerapu sebanyak 3000 ekor tersebut, sebagai awal untuk menjadi produk unggulan Desa. Sehingga, akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang ada di desa Rawa Jaya. Sebab, di desa Rawa Jaya ada tiga dusun yang bisa dikembangkan budidaya ikan kerapu melalui BUMDes Balkis Jaya. Mengingat, mayoritas penduduk desa Rawa Jaya mata pencahariannya nelayan dan sebagian petani dengan jumlah KK mencapai 200 KK.

Insyallah, budidaya ikan kerapu yang dikelola oleh BUMDes Balkis Jaya bisa berkembang. Dan bisa menjadi percontohan bagi desa-desa lainnya, bagaimana pemanfaatan DD selain untuk pembangunan infrastruktur di desa,” ujarnya.

Sementara itu Hasbullah pendamping Desa untuk kecamatan Moro ketika dikonfirmasi mengatakan, sesuai dengan letak geogratif wilayah yang ada di kecamatan Moro yang membawahi 10 Desa sangat cocok untuk mengembangkan budidaya ikan kerapu yang dikelola oleh BUMDes. Dan salah satunya yaitu BUMDes Balkis Jaya yang ada di Desa Rawa Jaya, dengan memanfaatkan keramba milik masyarakat untuk melakukan budidaya ikan kerapu.

”Walaupun budidaya ikan di desa ini banyak. Tapi tidak ada masalah, sebab pangsa pasarnya cukup luas. Untuk itu dengan keberadaan BUMDes Balkis Jaya, harus bisa menjadi produk unggulan Desa Rawa Jaya dalam pemanfaatan DD bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga, kedepannya kecamatan Moro bisa menjadi central budidaya ikan yang memanfaatkan BUMDes disetiap Desa. Dengan berbagai jenis ikan yang dibudidayakan, oleh masyarakat desa secara otomatis bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Ketika budidaya menjadi produk unggulan Desa, maka BUMDes tersebut bisa mengembangkan usahanya dibidang lainnya.

” Intinya, bagaimana masyarakat pedesaan yang ada di hinterland dapat memanfaatkan BUMDes,” katanya.

Pantauan dilapangan, pelepasan bibit ikan kerapu oleh Plt Camat Moro Ratna di keramba apung dusun II Selat Binga Desa Rawa Jaya kecamatan Moro bersama tokoh masyaraskat.(tri)

Update