Kamis, 18 April 2024

Catat, Desember, Dana Insentif Guru TPQ Dicairkan

Berita Terkait

ilustrasi.

batampos.co.id – Ribuan guru Taman Pendidikan Quran (TPQ) di Kota Batam bisa bernafas lega. Dana insentif yang dijanjikan akan segera dicairkan, hal itu diungkapkan oleh Sekertaris Umum Badan Musyawarah Guru (BMG) TPQ Kota Batam, Kamaluddin.

“Saat ini kami sedang melakukan validasi,” katanya saat ditemui Batam Pos, Rabu (11/10).

Selama sepuluh bulan terakhir ini yakni Januari hingga Oktober 2017, ribuan guru TPQ tersebut belum menerina dana insentif. “Memang ada keterlambatan,” katanya.

Menurut Kamaluddin keterlambatan tersebut disebabkan proses validasi yang lambat dan memakan waktu lama, sehingga dana belum bisa dicairkan. Besaran insentif yang diberikan tersebut Rp 400 ribu per bulan.

“Makanya dana itu dicairkan secara kolektif selama satu tahun,” ucapnya.

Kamaluddin mengatakan rencananya pencairan akan dilakukan pada Desember mendatang, setelah data seluruh guru TPQ se-Kota Batam selesai diverifikasi. “Validasi ini mulai dengan memverifikasi keberadaanTPQ, apakah terdaftar di lembaga BMBQ dan lainnya,” katanya.

Saat ini, BMG TPQ Batam bersama Pemko Batam baru mendata di tujuh kecamatan antaranya Batamkota , Sagulung, Bengkong, Batuampar, Sekupang, Nongsa, dan Batuaji. Selanjutnya proses validasi akan dilanjutkan ke Kecamatan Sungaibeduk, Bulang, Galang dan Belakangpadang.

“Ada 4.300 data guru yang diupdate. Proses validasi ini akan dicek betul. Jika ada guru yang sudah meninggal atau pindah, kami akan hapus dari database,” katanya.

Sementara itu, Lina salah satu guru TPQ di Batuaji mengaku sangat bersyukur jika dana insentif tersebut segera dicairkan. Sebab, selama ini gajinya ia dapatkan dari infak sejumlah murid santrinya.

“Tahun ini memang terlambat sampai sepuluh bulan. Kami berherap ke depannya tidak ada lagi keterlambatan pencairan seperti ini,” pungkas Lina. (cr19)

Update