Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam Benahi Sanitasi Hinterland

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam berencana akan memperbaiki sanitasi masyarakat hinterland (pesisir, red) tahun 2108 mendatang. Program ini merupakan salah satu yang masuk dalam menyelesaikan kawasan kumuh.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan ke depan seluruh masyarakat pesisir akan memiliki sistem sanitasi yang lebih baik. Selama ini lanjutnya mereka belum memiliki sanitasi yang baik.

“Saya ingin nanti mereka punya toilet yang layak di darat, jadi tidak langsung di buang ke laut lagi,” kata Rudi, Kamis (12/10).

Rudi menjelaskan program ini sebenarnya sudah mulai dikerjakan dengan bantuan dari Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan, hanya saja tahun depan selain PIK ini juga menjadi salah satu program prioritas Pemko Batam.

“Sebelumnya Pak Suhar sudah mulai, tadi saya dapat informasi dari kadinkes di puskesmas juga ada program perbaikan sanitasi ini,” sebut Rudi.

Mantan anggota DPRD Kota Batam ini menyebutkan setiap berkunjung ke hinterland, yang menjadi salah satu perhatian adalah kehidupan warga di hinterland. Ia mengungkapkan perbaikan sudah dimulai dari ketersediaan air bersih di pesisir, terakhir sudah ada SWRO di Belakangpadang, kedepan ini akan dilanjutkan.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmasrjadi, menurutnya tahun depan ada 18 kelurahan yang akan mendapatkan bantuan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) ini. Program ini akan dikerjakan masing-masing puskesmas terdekat lokasi. “Jadi mereka memang sudah punya program kerja, salah satunya membenahi sanitasi masyarakat hinterland,” ungkapnya.

Sebelumnya, sebagian daerah pesisir sudah dipasang alat komunal, jadi dari rumah warga disalurkan melalui pipa, nanti ditampung disatu bak penampungan.

“Seperti di Pulau Abang kita sudah ada komunal, satu bak itu minimal untuk lima rumah,” tutupnya.(cr17)

Update