Sabtu, 20 April 2024

Fenomena Lowongan Kerja di Batam; Dari 9.917 Karyawan Baru, hanya 3 Diantaranya Lelaki

Berita Terkait

Ilustrasi pelamar kerja. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pengelola kawasan Batamindo mencatat selama bulan September penerimaan karyawan mencapai 782 orang. Jumlah ini memang sedikit jika dibandingkan pada bulan Agustus lalu yang mencapai 1.588 orang.

Manager Admin and General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, Tjaw Hioeng, mengatakan peningkatan jumlah karyawan yang direkrut mulai terlihat dari awal tahun hingga Agustus lalu.

Pihak Batamindo mentatat ada 9.917 karyawan yang telah direkrut sepanjang Januari hingga September 2017. Dimana pada bulan

  • Januari ada 733 orang,
  • Februari 1.111 orang,
  • Maret 1.311 orang,
  • April 1.416 orang,
  • Mei 1.072 orang,
  • Juni 1.185 orang,
  • Juli 719 orang dan
  • September 782 orang.

“Jumlahnya fluktuasi setiap bulannya. Tapi setiap hari ada. Beberapa perusahaan bahkan rutin merekrut setiap minggu,” ujar Tjaw Hioeng, saat ditemui di Batamindo, Jumat (13/10).

Dari data yang di dapat Batam Pos, selama September kebanyakan tenan Batamindo merekrut karyawan perempuan untuk operator. Mulai dari awal September hingga akhir, tenan Batamindo yang membuka lowongan kerja yakni PT Indoyasa, Tunas Karya, Cicor Panatec, Flextronic, Scheneider, Epson, Patlite Indonesia dan Dynacast.

Dari perusahaan yang dibuka itu, hanya PT Patlite yang buka lowongan untuk laki-laki. Dan itupun tak banyak hanya 3 orang saja.

Selebihnya penempatan kerja operator untuk karyawan perempuan dengan rata-rata penerimaan hingga 100 orang setiap perekrutan.

Lantas ditanya alasan kenapa tenan Batamindo lebih memilih merekrut pekerja perempuan? Pria berkacamata ini mengatakan karena Batamindo adalah kawasan perusahaan manufaktur yang memproduksi barang elektronik, maka pekerja yang cocok adalah perempuan. Sebab, menurutnya perempuan lebih teliti dalam bekerja.

“Namun demikian, pekerja lelaki juga pasti ada, tapi tak banyak dan posisi mereka hanya di teknisi dan lainnya,” jelasnya.

Tjaw Hioeng mengaku, melihat mulai banyaknya jumlah karyawan yang diterima Batamindo, Ayung sapaan akrabnya berharap ke depan makin banyak lagi lowongan kerja. Sebab dengan ekonomi yang semakin membaik, maka tenan-tenan Batamindo akan mengembangkan usaha mereka.

“Bila ada pengembangan, tentu butuh tenaga kerja. Harapan kami semoga saja ke depannya makin bagus saja ekonomi Batam,” tuturnya. (cr19)

Update