Kamis, 18 April 2024

Dua Sineas Kepri, Juarai Film Kebudayaan

Berita Terkait

Pemenang film kebudayaan asal Kepri foto bersama usai menerima hadiah. F. Dedi Arman untuk Batam Pos

batampos.co.id – Film yang mengangkat permainan masyarakat Melayu Kepri dengan judul Jong, berhasil meraih juara pertama dalam Gelar Apresiasi Film Kebudayaan (Grafika) 2 yang ditaja Balai Pelestarian Nilai Budaya(BPNB) Kepri di Pekanbaru, Kamis (12/10) lalu.

Film tersebut hasil garapan apik sineas muda Kepri, Fauzan Azima. Sedangkan Muhammad Kurniawan, dengan karyanya Wayang Cecak, tradisi dari Pulau Penyengat berhasil menyabet juara dua.

Empat finalis lainnya, M Ali Surakhman dari Jambi dengan karya Nyaleh Guru, disusul Heru Sandra H dari Meranti, Riau judul karya Bah Jamel. Pemuncak harapan II Ihsan Idam Dewindra dari Pangkalpinang Babel dengan karya Dulang Nganggung, dan harapan III Sean Popo Hardi dari Jambi dengan karya Sko. Penganugerahan ini disejalankan dengan workshop film kebudayaan.

Kadis Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zen mengapresiasi adanya workshop film dokumenter kebudayaan yang ditaja BPNB Kepri. Menurutnya, kegiatan ini dapat menggugah dan memberikan semangat para sineas muda. “Jujur, sineas kita sudah banyak menghasilkan film. Tapi sayang, kurang diapresiasi,” kata Yoserizal.

Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto meminta semua data kebudayaan dikumpulkan dengan cara aktif melakukan perekaman. Dalam WBTB perlu semangat untuk catat dan terus mencatat karya budaya. “Mencatat saja tak cukup. Semua karya budaya harus direkam. Tak punya kamera, dengan gadget juga bisa. Manfaatkan potensi yang ada,” kata Toto.

Ketua Panitia Grafika 2, Dedi Arman berharap dewan kesenian yang berada di setiap provinsi dapat menjaring para sineas muda yang berkualitas. “Animo peserta workshop film luar biasa. InsyaAllah, tahun depan makin banyak karya yang dikirim untuk lomba film dokumenter. Pemenang akan menerima hadiah uang tunai jutaan rupiah,” kata Dedi. (cca)

Update