Jumat, 29 Maret 2024

Target Jumlah Peserta Terpenuhi

Berita Terkait

Salah satu peserta memacu perahunya menuju garis finish pada Dragon Boat Race di Sungai arang Tanjungpinang, Jumat (21/10). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Target jumlah peserta tim yang akan berlaga di ajang internasional lomba balap perahu naga bersempena Festival Bahari Kepri (FBK) 2017 terpenuhi. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang, selaku penyelenggara, hanya mematok jumlah maksimal 48 tim.

“Karena lombanya kan hanya tiga hari sepanjang 20-22 Oktober. Jadi waktunya terbatas. Kalau dipaksakan dengan jumlah peserta yang lebih banyak, juga membutuhkan waktu pelaksanaan yang lebih lama,” kata Kepala Disbudpar Tanjungpinang, Reni Yusneli, kemarin.

Reni merincikan, dari 48 tim yang sudah mendaftar, enam di antaranya berasal dari Malaysia dan Singapura. Kemudian 13 tim lain berasal dari luar provinsi. “Nah untuk peserta lokal, kami targetkan 30 tim saja,” terang Reni.

Jika hingga esok masih ada peserta dari luar negeri yang hendak mendaftar, sambung Reni, masih tetap akan diterima. Bagaimana pun, kata dia, peserta dari luar negeri tetap menjadi prioritas mengingat bakal membantu peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Tanjungpinang.

“Karena nanti panitia juga akan melakukan verifikasi terlebih dahulu kepada seluruh tim yang telah mendaftar. Makanya bisa dipilah-pilih lagi,” ujarnya.

Reni melanjutkan, promosi kegiatan olahraga berbasis kepariwisataan yang rutin dilaksanakan Pemko Tanjungpinang tiap tahun ini sudah semakin baik persiapannya. Sebab itu, dari tahun ke tahun masih ada pula peserta dari luar negeri yang tidak ingin ketinggalan ajang bergengsi ini.

“Tentu harapannya ke depan, kami akan lebih gencarkan lagi ajang Dragon Boat Race ini. Sebab ini masuk program unggulan yang sangat diminati wisatawan dalam dan luar negeri,” pungkas Reni. (aya)

Update