Jumat, 29 Maret 2024

Bupati Lantik Forum Anak Kabupaten

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq foto bersama dengan Forum Anak Kabupaten Karimun. F Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq mengukuhkan 47 pelajar yang berasal dari berbagai sekolah di kabupaten Karimun dalam wadah Forum Anak Kabupaten (Forakka) periode 2017 – 2019. Pengukuhan yang dilakukan Senin (16/3), Bupati mengatakan keberadaan Forakka sangat dibutuhkan saat ini, untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk berorganisasi.

“Anak-anakku sekalian, manfaatkan Forakka untuk berkreasi dan berkreativitas. Ingat, masa depan ditentukan mulai sekarang. Sebagai generasi penerus harus mampu mandiri, mengingat tantangan masa depan cukup berat,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemenuhan dan Perlindungan Hak Kanak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (KB), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) Khairita mengatakan, pengukuhan Forakka juga bagian dari peringatan Hari Anak Nasional (HAN) walaupun sudah berlalu. Karena peringatan HAN di kabupaten/kota dapat disesuaikan dengan kebijakan daerah. Kebetulan di Karimun pelaksanaannya jadi bagian dalam peringatan hari jadi ke-18 Kabupaten Karimun.

“Peranan keluarga sangat penting untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak. Sehingga bisa memantau langsung pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh,” jelasnya.

Lanjut Khairita lagi, apabila ada kasus maupun masalah terhadap anak, bisa menghubungi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Karimun melalui media online, dengan menggunakan smartphone melalui aplikasi media sosial seperti whatsApp, FB maupun telepon untuk pengaduan anak mulai usia 0 hingga 18 tahun. Metode pengaduan tersebut disebut Cetar (cepat, tanggap terhadap reaksi apapun terhadap anak)

P2TP2A ini mitra kerja dalam perlindungan anak. Semua orang bisa memanfaatkan metode pengaduan tersebut, agar bisa mencarikan solusi terhadap anak yang bermasalah,” ungkapnya.

Namun demikian, paling penting adalah peranan keluarga dalam memantau pertumbuhan anak. Sehingga ketika ada sesuatu yang tidak lazim terhadap anak bisa diketahui secepatnya, agar bisa diketahui akar permasalahan terhadap anak itu.Pelantikan Forakka diisi dengan berbagai aktraksi yang ditampilkan oleh para pelajar. (tri)

 

 

Update