Kamis, 28 Maret 2024

KPU Berkantor di Polsek

Berita Terkait

Sejumlah pegawai KPU Natuna terlihat sibuk merima kedatangan perwakilan partai politik disalah satu ruangan kerja di Polsek Bunguran timur. F.Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna terpaksa pindah, sejumlah pegawai KPU berkantor di Polsek Bunguran Timur sejak kemarin. Pengurus Partai pun harus pindah-pindah, setelah menyerahkan berkas ke KPU, mereka datangi lagi kantor Polsek.

Ketua KPU Natuna Affuandris mengatakan, masalah internet yang lelet di kantor KPU menjadi kendala utama KPU saat ini, apalagi selama proses pemeriksaan dan penelitian
berkas pendaftaran partai politik berlangsung, belum lagi litrik sering padam tak terjadwal.

Dikatakan Affuandris, masalah gangguan internet menjadi kendala utama.
Bahkan meski sudah pindah di polsek pun masih memerlukan waktu lima jam untuk proses penelitian berkas satu partai politik. Karena prosesnya secara online. Mulai pengiriman berkas, penelitian, pemeriksaan hingga tanda terima secara online.

“Sejak hari Minggu kemarin, proses pemeriksaan berkas parpol di Polsek. Tetapi yang pindah hanya operator, didampingi Panwaslu. Penerimaan berkas tetap di kantor KPU,”
ujar Affuandris, Senin (16/10).

Dikatakan Affuandris, kendala jaringan internet di kantor KPU sudah sejak lama. Jika jaringan memadai, proses pemeriksaan, penelitian dan tanda terima berkas cukup setengah jam selesai. Sehingga operator KPU harus pindah, karena jaringan disekitar Polsek Bunguran Timur sedikit lebih lancar.

“Kami menggunakan jaringan telkomsel, kalau jaringan speedy dikantor KPU sudah lama tidak bisa berfungsi, mau login saja tidak bisa,” ujar Affuandris.

Dikatakan Affuandris, pendaftaran partai sebagai peserta pemilu legislatif tahun 2019 mendatang ditutup pukul 00-00 ini, (Malam kemarin,red). Saat ini sudah semua partai politik menyerahkan berkas pendaftara. Namun masih ada partai politik yang perlu melengkapi berkas, dan baru lima partai berkasnya lengkap.

Kapolsek Bunguran Timur Kompol M Sibarani mengatakan, pihaknya memberikan pinjam satu ruangan kepada KPU untuk digunakan operator dalam proses memverifikasi berkas partai politik.

“Dipolsek jaringan internetnya lumayan bagus, bisa internetan sedikit lancara. Karena towernya di belakang kantor kami,” ujar Sibarani.(arn)

Update