Jumat, 19 April 2024

ASN Harus Adil Melayani Lis dan Syahrul

Berita Terkait

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Keputusan berpisahnya pasangan kepala daerah Lis Darmansyah dan Syahrul dinilai bakal berdampak pada kinerja ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Mencegah hal itu, Sekretaris Daerah, Riono berulang kali menegaskan, ASN harus tetap menjaga netralitasnya dalam menunaikan kewajibannya sebagai aparatur negara.

“Karena itu saya tidak bosan-bosannya mengingatkan hal ini dalam banyak agenda. Bahkan sampai juga sosialisasi bagi ASN dalam menghadapi Pilkada,” kata Riono, kemarin.

Tidak ada niatan Pemko Tanjungpinang, sambung Riono, bagi seluruh ASN dalam menentukan pilihannya. Mengingat, sebagaimana diatur ASN memang punya hak suara pada pilkada.

“Tapi ya itu, netralitas ini tetap harus ada. Harus adil dalam melakukan kerja-kerja pemerintahan, termasuk juga adil dalam melayani Pak Lis maupun Pak Syahrul. Keduanya masih tetap pasangan kepala daerah Tanjungpinang,” ungkap Riono.

Isu netralitas dalam bekerja ini, sambung dia, juga terus diumumkan bahkan menjadi agenda penyampaian pada setiap agenda pagi di seluruh OPD. Bahkan Riono mengaku, KASN pun telah diminta untuk memberikan sosialisasi terkait netralitas bekerja kepada seluruh ASN Tanjungpinang.

“Namun karena PNS tetap memiliki hak pilih, bukan berarti pelanggaran kalau mereka hadir di setiap kampanye. Namun dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku,” papar Riono.

Ia menekankan, ketentuan-ketentuan saat mengikuti kegiatan politik seperti kampanye harus dijaga. Berhubung sanksi pun berlaku jika ketentuan seperti menggunakan atribut atau fasilitas pemerintah, dan berkegiatan di jam kerja serta ketentuan lainnya dilanggar. (aya)

Update