Jumat, 29 Maret 2024

Bawaslu Buka Lowongan Panwaslu

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, mulai membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang dimulai sejak tanggal 16 Oktober hingga 28 Oktober mendatang. Dimana setiap Panwaslu Kecamatan, beranggotakan 3 orang untuk 12 kecamatan dengan total semuanya mencapai 36 orang.

“Sesuai dengan tahapan dari Bawaslu Pusat, kami di daerah sudah mulai melakukan perekrutan anggota Panwaslu Kecamatan. Untuk lokasi tes tertulis akan dilakukan di tiga tempat yaitu Karimun, Kundur dan Moro. Sedangkan tes wawancara tetap dilaksanakan di kantor Bawaslu Kabupaten Karimun,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun Tiuridah Silitonga, kemarin (18/10).

Adapun syarat pendaftaran yang ditujukan kepada Panwaslu Kabupaten Karimun, dengan melampirkan persyaratan seperti umumnya. Sedangkan pengembalian dokumen pendaftaran bisa diantar langsung maupun melalui pos atau email bawaslukarimun@gmail.com. walaupun Pemilu belum di mulai secara sah namun tahapan untuk Bawaslu sudah dilaksanakan.

“Sementara yang sudah mengembalikan berkas secara langsung ada sekitar 18 pelamar. Masih ada waktu sepekan lagi, silakan yang ingin bergabung sebagai Panwaslu Kecamatan,” ujarnya.

Lanjut Tiur lagi, di dalam persyaratan tersebut sudah dicantumkan bahwa calon Panwaslu Kecamatan tidak menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun terakhir yang dinyatakan secara tertulis dalam surat pernyataan yang sah.

“Ya maklum sajalah, atmosfer Pemilu 2019 nanti cukup panas. Jadi kami (Bawaslu-red), harus benar-benar teliti dalam melakukan seleksi calon Panwaslu Kecamatan, agar tidak ada timbul masalah saat tahapan Pemilu sudah berjalan nantinya,” ungkapnya.

Karena anggaran belum turun, sementara tahapan harus tetap dijalankan, maka Bawaslu Karimun menggunakan media sosial untuk pengumuman. (tri)

Update