Rabu, 24 April 2024

Manfaatkan Potensi Lokal

Berita Terkait

Apri Sujadi. F. Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi, mengatakan pengembangan konsep Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bintan, menjadi hal penting yang harus dilakukan. Ini untuk mendukung perkembangan investasi yang masuk ke Kabupaten Bintan.

Menurutnya dalam pengembangan konsep tata ruang, tentunya harus didukung dengan memanfaatkan potensi lokal yang dimiliki saat ini. Seperti di Bintan, lanjutnya banyak desa-desa yang memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Diantaranya, Desa Toapaya yang memiliki wilayah yang cocok sebagai agrowisata, dan Kecamatan Bintan Pesisir, sebagai wilayah maritim, dan pariwisata, serta daerah lainnya.

“Rancangan (RTRW) Bintan, ini perlu dipelajari agar fungsinya semakin luas. Dimana perlu penyusunan tata ruang dengan melibatkan dan memberdayakan potensi lokal. Apalagi kondisi saat ini, investor yang datang akan melihat potensi dan pengembangan daerah. Tentunya disamping diperlukannya suatu kawasan industri terpadu, juga harus melibatkan potensi lokal yang nantinya secara fleksibel dapat menciptakan lapangan kerja secara berkesinambungan ” jelas Apri saat melakukan diskusi bersama dengan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (BP3D) Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar, dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan Fachrimsyah, serta konsultan dari Bandung, di Kantor BP3D Kabupaten Bintan, Rabu (18/10).

Ia menambahkan bahwa Rancangan Tata ruang tersebut nantinya akan diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), sehingga nantinya akan sinkron satu sama lainnya. “Tentunya kita ingin membuat suatu pola ruang yang nyaman bagi masyarakat dan juga investor, yang nantinya disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Jadi tidak serta merta langsung membuat tata ruang begitu saja. Banyak yang harus kita sesuaikan dengan kondisi lapangan dan potensi terkini daerah,” imbunya.

“Mudah-mudahan investasi yang masuk nantinya dapat mendukung kemajuan potensi daerah di Bintan. Sekaligus dalam pelaksanaannya masyarakat sekitar juga bisa didorong untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan Kabupaten Bintan,” tabrakannya. (cr20)

Update