Selasa, 23 April 2024

79,84 Persen Anak Kantongi Akta Kelahiran

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 79,84 persen anak-anak di Tanjungpinang sudah mengantongi akta kelahiran. Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanjungpinang, persentase tersebut setara dengan jumlah 64.885 anak. Catatan ini terbilang gemilang mengingat target yang ingin dicapai pada kerja penerbitan akta kelahiran tahun ini mencapai 80 persen.

“Tinggal sedikit lagi. Artinya sebentar lagi Tanjungpinang hampir mencapai target nasional penerbitan akta kelahiran,” kata Siswati dari Disdukcapil Tanjungpinang, kemarin.

Siswati mengatakan, untuk memberikan pelayanan penerbitan akta kelahiran, pihaknya telah melakukan pelayanan secara langsung dengan mendatangi Rumah Sakit, Puskesmas maupun rumah bersalin yang ditangani bidan-bidan.

Ke depan pelayanan ini akan terus dilakukan, agar penerbitan akta kelahiran terlayani secara cepat, sehingga semua anak-anak Tanjungpinang mendapatkan legalitas berupa akta kelahiran sebagai indentitas kepastian hukum.

“Pelayanan ini nantinya, akan kami sejalankan dengan penerbitan akta lahir, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Perubahan Data Kartu Keluarga,” terang Siswati.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Ahadi menyampaikan bahwa untuk mengetahui data kependudukan terutama data anak di Kota Tanjungpinang, alangkah baiknya data ini dimulai dari bawah yaitu melalui tingkat RT.

Karena itu, diharapkan para lurah dan camat dapat saling berkoordinasi. Selain itu, juga bisa melalui Dinas Pendidikan. Pihak sekolah bisa memberi informasi anak didiknya yang belum memiliki akte kelahiran, agar segera diurus di Dinas Kependudukan Kota Tanjungpinang.

“Koordinasi lintas instansi perlu digiatkan. Mulai dari tingkat RT/RW, Camat, Lurah, pihak rumah sakit, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta seluruh perangkat Pemerintah maupun swasta untuk bersama-sama memberi kemudahan bagi masyarakat dalam Penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak,” ujarnya. (aya)

Update