Kamis, 28 Maret 2024

Pembangunan Rumah Layak Huni Capai 80 Persen

Berita Terkait

Kepala Staf Ahli KASAD, Mayjen Felix didampingi Dandim 0316 Batam, Letkol Dwi Sasongko meninjau TMMD di Belakangpadang beberapa hari lalu.

batampos.co.id – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 0316 Batam seperti renovasi rumah tak layak huni (RTLH) serta kegiatan non fisik seperti penyluhan dan bakos kesehatan, saat ini sudah hampir rampung dan mencapai 80 persen.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Staf Ahli (Kasahli) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Mayor Jenderal Felix Hutabarat saat kunjungan kerjanya meninjau pelaksanaan TMMD di Belakangpadang, Selasa (17/10).

“Sebelum 26 Oktober, kegiatan pengerjaan di TMMD akan selesai tuntas 100 persen,” ujar Mayjen Felix.

Mayjen Felix sangat berterima kasih karena Pemko Batam berserta instansi lainnya di Batam seperti kepolisian dan seluruh unsur TNI baik darat, laut dan udara mendukung terlaksananya kegiatan TMMD Kodim Batam yang ke-100 .

Sasaran kegiatan TMMD untuk setiap daerah, lanjut Mayjen Felix, berbeda. Hal tersebut dilihat dari kebutuhan masyarakat serta kondisi daerah masing-masing. Untuk di Kepri, diutamakan dan difokuskan kegiatan TMMD ke daerah pesisir atau hinterland. Sebab, kondisi perekonomian masyarakatnya masih minim.

“Meski tak semua kegiatan TMMD dirasakan oleh masyarakat Batam, tetapi kita fokuskan ke warga yang benar-benar membutuhkan bantuan dan pertolongan,” terang Mayjen Felix.

Saat meninjau TMMD di Belakangpadang, Mayjen Felix Hutabarat didampingi Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Dandim 0316/Batam Letkol Inf Dwi Sasongko dan Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad yang meninjau langsung sasaran kegiatan fisik renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan kegiatan non fisik dengan pengobatan gratis serta pembagian bantuan sembako kepada masyarakat.

Sementara, kegiatan TMMD pengobatan gratis ini, dirasakan warga Belakangpadang, Rosnawati sangat membantunya untuk mendapatkan pengobatan oleh dokter.

Pengobatan gratis yang digelar dalam rangkaian TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 Kodim 0316/Batam, benar-benar membantu masyarakat Belakangpadang.

“Selama ini berobat ke puskesmas, tak pernah ditangani dokter. Paling hanya dikasih obat. Biasa penyakit bawaan umur sudah mulai menua,” ujar Rosnawati.

Rosnawati juga bersyukur, sebab ia merupakan salah satu warga yang mendapatkan program renovasi rumah tak layak huni (RTLH) dari program TMMD Kodim Batam.

“Ini mungkin namanya rejeki datang dari mana saja. Sekarang saya dapat rejeki melalui tangan-tangan bapak tentara yang membangun rumah saya jadi lebih baik. Kalau untuk saya membangun, tak akan mungkin saya sanggup. Untuk cukup makan sehari-hari saja sudah bersyukur. Ini seperti mimpi. Semoga bapak-bapak tentara ini diberikan kelancaran dan kerja yang sukses, cepat naik pangkat,” ujar Rosnawati.

Melihat antusiasnya warga, Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko, merasa bangga karena apa yang menjadi target, memang tepat sasaran.

“Sasaran kita yakni membantu masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Antusias warga sangat tinggi dan ini menjadi kepuasan tersendiri untuk kami, karena bisa menjalankan tugas,” sebut Dwi. (gas)

Update