Sabtu, 20 April 2024

Gubernur Hanya Menunggu

Berita Terkait

batampos.co.id – Meskipun kabar pengunduran diri Agus Wibowo (AW) dari bursa Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri sudah tersiar luas. Akan tetapi tidak mengundang respon Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk segera mendudukan dan menuntaskan polemik Wagub Kepri ini bersama Partai Pengusung Sani-Nurdin (Sanur). Bahkan Gubernur hanya punya inisiatif menunggu petunjuk dari DPRD Provinsi Kepri.

“Sekarang ini, saya hanya menunggu keputusan dari DPRD Kepri seperti apa. Karena kewenangan tersebut berada di mereka,” ujar Gubernur menjawab pertanyaan media di Lapangan Sepakbola Sulaiman Abdulllah, Tanjungpinang, Kamis (19/10) petang lalu.

Ditanyakan apakah sudah mendapat kabar, terkait mundurnya salah satu Cawagub Kepri. Mantan Bupati Karimun dua priode tersebut membenarkan adanya kabar tersebut. Kemudian kembali ditanya, apakah sudah ada mendudukan persoalan ini dengan partai pengusung, mengingat tak kunjung tuntasnya proses pemilihan Wagub Kepri ini.

“Memang semua ada proses dan tahapannya. Apa yang menjadi petunjuk DPRD nanti, itu yang akan kita laksanakan,” tegasnya.

Disinggung apakah sudah ada komunikasi yang dilakukan pimpinan DPRD Kepri untuk meminta kandidat pengganti AW kepada partai pengusung melalui dirinya sebagai Gubernur. Mengenai hal itu, Mantan Wakil Gubernur Kepri tersebut mengaku belum ada. Bahkan ia juga belum menerima surat permintaan penggantian calon.

“Belum ada kita terima. Kalau sudah ada, saya akan teruskan ke masing-masing partai pengusung,” tutup Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan ia belum menerima surat dari Panitia Khusus (Pansus) Wagub Kepri, prihal hasil verifikasi yang dilakukan Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Kepri. Pasalnya saat ini, sedang berada di Singapura untuk melakukan cek up kesehatan. Menurut Legislator PDI Perjuangan tersebut, apabika sudah diterima akan segera diteruskan ke Gubernur.

“Kita ingin proses cepat selesai. Artinya lebih cepat, lebih baik. Karena Kepri memang butuh Wakil Gubernur,” ujar Jumaga singkat, Kamis (19/10) malam lalu.

Sebelumnya, Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji, Tanjungpinang, Endri Sanopa mengatakan, melihat dinimika pemilihan Wagub Kepri sekarang ini , tuntas atau tidaknya adalah tergantung kepada Gubernur. Menurutnya, jika memang Gubernur menginginkan seorang Wagub, dirinya akan berupaya mendiskusikan hal ini dengan partai pengusung Sanur.

“Meskipun belum menerima surat, harusnya Gubernur sudah merespon. Yakni dengan komunikasi dengan partai pengusung. Sehingga ketika surat diterima, sudah solusi yang didapat. Apalagi Gubernur adalah usernya. Tentu dia juga tidak ingin sembarangan orang untuk di pilih,” ujar Endri Sanopaka.(jpg)

Update