Jumat, 19 April 2024

Mencuri karena Alasan Ekonomi

Berita Terkait

Pelaku pencurian diperiksa oleh penyidik di Mapolsek Bintan Utara, kemarin. Sementara itu, Kapolsek Bintan Utara Kompol Jaswir menunjukkan barang bukti kabel listrik yang telah dicuri. F. Polsek Bintan Utara untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Alasan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan membuat Tumarno,46, nekad mencuri di tempatnya bekerja di PT Bintan Inti Industrial Estate, Lobam. Warga Lobam Mas Asri Desa Teluk Sasah ini diamankan karena mencuri kabel di teras dormitory Blok 40 Lantai 2 di kawasan industri Bintan, Lobam, Kamis (19/10) dini hari.

Pencurian terungkap ketika kepala sekuriti, Darwono menerima informasi adanya kabel listrik yang hilang di lokasi dormitory dari dua orang asistennya, Yatiman dan Irwansyah. Lalu, ia bersama Yatiman ditemani sekuriti lainnya, Agus Salim memeriksa ke lokasi kejadian. Setelah diperiksa, ternyata kabel listrik sepanjang 150 meter yang tersambung
ke panel listrik sudah terputus dan hilang.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Jaswir membenarkan, pihaknya menerima kasus pencurian kabel listrik yang diduga dilakukan oknum sekuriti di tempatnya bekerja. Berdasarkan Laporan Polisi nomor : LP/36/X/2017/Kepri/Res Bintan/Sek Binut tertanggal 19 Oktober 2017 itu, pihaknya mengamankan seorang sekuriti, bernama Tumarno. “Pelaku
sudah diamankan,” kata Jaswir kepada Batam Pos, yang dihubungi kemarin siang.

Ditanya kerugian yang dialami perusahaan akibat perbuatan pelaku? Ia menjawab, pihak perusahaan sedang menghitung total kerugian akibat kejadian itu.

Sementara itu, kepada penyidik pelaku mengaku mencuri karena untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Ia beralasan gajinya tidak cukup, padahal sebagai sekuriti dirinya menerima gaji sekitar Rp 4 juta per bulan. “Itu alasan dia saja, padahal kalau cukup tidak cukup kan relatif,” kata Jaswir. (cr21)

Update