Jumat, 29 Maret 2024

Pembangunan Perlu Singkronisasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengadakan rapat koordinasi dengan dengan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepri, Jumat (20/10). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan mengevaluasi pembangunan yang telah dilakukan di Provinsi Kepri.

Nurdin mengingatkan para bupati/walikota yang hadir dalam rapat koordinasi agar melakukan sinkronisasi perencanaan anggaran dan perencanaan pembangunan di Kepri. Sinergi dan sinkronisasi itu menurut Nurdin merupakan kata kunci agar pembangunan semakin efisien dan semakin efektif.

“Kita tidak boleh mengulang-ulang lagi kebiasaan-kebiasaan lama di mana perencanaan dan penganggaran banyak dan ada yang tidak sambung, tidak sinkron, antara yang direncanakan beda dengan yang dianggarkan. Sehingga tujuannya meleset dari sasaran yang ingin kita capai,” kata Gubernur.

Rapat Koordinasi diikuti oleh Seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Kepri, Sekda Provinsi Kepri, Asisten 1 Provinsi Kepri dan Kepala OPD Provinsi Kepri

Gubernur berharap dalam Rakor ini, mendapat sumbang saran yang positif dari Bupati/Walikota dan menghasilkan rumusan kebijakan dan solusi permasalahan yang dihadapi dalam percepatan pembangunan di Provinsi Kepri.

Sebelumnya Gubernur menerima piagam atas keberhasilan Pemerintah Provinsi Kepri dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016, dengan capaian Standar Tertinggi yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu)melalui kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu.

Piagam WTP kepada Pemprov Kepri, Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan diserahkan langsung oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepri, Heru P. Nugroho.

Nurdin menyampaikan, bahwa prestasi ini menunjukkan komitmen Pemprov Kepri dalam mempertanggungjawabkan laporan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Pemprov Kepri telah tujuh kali berturut-turut menerima penghargaan, dan ini juga upaya dari pemerintahan sebelumnya, saya sangat mengapresiasi apa yang telah diraih, dan penghargaan bukan suatu yang utama, tetapi bagaimana kita dapat mempertanggungjawabkan laporan keuangan secara transparan dan akuntabel. Ini adalah bentuk komitmen terhadap masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik. Predikat ini harus kita pertahankan di tahun tahun berikutnya, dan semoga semua kabupaten /kota di Kepri bisa mendapatkan WTP,” ungkap Gubernur. (bni)

Update