Jumat, 29 Maret 2024

Disduk Minta Lengkapi Administrasi Kependudukan

Berita Terkait

Sardison. F.Dok Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Provinsi Kepri, Sardison menghimbau masyarakat Kepri untuk melengkapi administrasi kependudukannya.

“Saat ini, kita terus menggalakan sosialisasi kebijakan penyelenggaraan administrasi kependudukan. Karena kelengkapan administrasi adalah kebutuhan penting,” ujar Sardison, Minggu (22/10)

Menurut Sardison, melengkapi data kependudukan juga berkaitan dengan kesiapan daerah untuk menggelar pesta demokrasi, seperti Pilkada Tanjungpinang nanti. Mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan menjelaskan, terkait penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) ada regulasi baru.

Dijelaskannya, Proses penyerahan DP4 akan diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Data kependudukan tersebut, akan diserahkan enam bulan sebelum pelaksanaan Pilkada.

“Selanjutnya KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklip) di lapangan. KPU Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Dukcapil setingkat. Begitu juga dengan Provinsi,” jelasnya. (jpg)

Update