Rabu, 24 April 2024

Hubungi 110 bila Dalam Keadaan Darurat

Berita Terkait

batampos.co.id – Aparat kepolisian telah menyediakan nomor telepon pusat pelayanan publik 110 bagi masyarakat yang mengalami atau mengetahui adanya tindak pidana. Baik itu tindak pidana dijalanan maupun di lingkungan perumahan.

“Silahkan langsung telepon ke 110. Layanan itu tidak dibebankan pulsa,” ujar Wakapolresta Barelang AKBP Mudji Supriadi, Minggu (22/10/2017) siang.

Dikatakan Muji, masyarakat yang nantinya menghubungi ke nomor tersebut, langsung terkoneksi ke Mabes Polri. Nantinya, dari mabes Polri akan disambungkan sesuaikan dengan posisi penelpon.

“Misalnya, kalau dia menelpon dari Batam, nantinya akan langsung terhubung ke Command Center Polresta Barelang,” katanya.

Kepada masyarakat yang menjadi korban kejahatan, nantinya tidak perlu untuk berbicara dengan operator. Masyarakat hanya cukup untuk mengaktifkan ponselnya dan operator yang akan mendengarkan pembicaraan itu.

“Nanti operator sudah bisa menilai, bahwa penelpon sedang dalam bahaya. Nanti anggota kami yang paling dekat akan langsung ke lokasi penelpon,” tuturnya.

Namun, Muji mengakui bahwa sejauh ini masih banyak masyarakat yang iseng. Menurut Muji, mereka masih mencoba-coba apakah layanan tersebut memang benar ada atau tidak.

“Itu hal yang biasa. Kita berikan teguran sama mereka, Karena banyak yang harus dikerjakan oleh pihak kepolisian,” imbuhnya.

Selain membuka menyediakan nomor telepon pusat pelayanan publik, polisi juga melaksanakan patroli rutin dalam mengantisipasi kejahatan jalanan serta balap liar. Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap polsek-polsek dan salah satunya Polsek Sekupang.

“Patroli kita Sabtu (21/10) kemarin dengan melewati kawasan Marina City, Mata Kucing dan Temiang. Kawasan itu memang menjadi prioritas kita dalam mengantisipasi kejahatan jalanan,” ujar Kapolsek Sekupang Kompol Oji Fahroji.

Selain melakukan patroli, anggota Polsek Sekupang juga melakukan pemeriksaan kendaraan sepeda motor dan kelengakapan surat surat kendaraan, serta memberikan himbauan Kamtibmas.

“Dari hasil kegiatan semalam, semuanya aman dan terkendali. Tidak ada kita temukan kejadian yang menonjol,” imbuhnya. (cr1)

Update