Jumat, 29 Maret 2024

Kijang Kota akan Jadi Tiga Kelurahan

Berita Terkait

Kijang City Walk (KCW) di Bintan Timur kini jadi ikon wisata Kijang. F. Dok Batam Pos

batampos.co.id – Rencana pemerintah daerah melakukan pemekaran wilayah di kecamatan Bintan Timur (Bintim) kembali mencuat. Direncanakan Kelurahan Kijang Kota akan dimekarkan menjadi tiga kelurahan, yaitu mulai kilometer 23 sampai dengan perbatasan Kelurahan Sei Lekop menjadi satu kelurahan. Kemudian wilayah selatan terdiri Tekojo dan Kampung Keke menjadi satu kelurahan, serta Kelurahan Kijang Kota menjadi kelurahan induk.

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Bintan, Bambang Sugianto membenarkan rencana pemekaran tersebut. Rencana pemekaran wilayah merupakan aspirasi dari masyarakat, dan tim akademisi dari Universitas Maritim Raja Ali Haji yang saat ini dalam tahap pengkajian.

“Tim pengkaji terdiri dari empat dosen,” ujar Bambang.

Ia berharap, kajian dari tim akademisi akan selesai sebelum akhir tahun. Sehingga bisa diserahkan ke Bupati Bintan.

Disinggung soal usulan nama kelurahan yang akan dimekarkan, Bambang menyebutkan, berdasarkan sejarah, di wilayah utara dikenal Sungai Kolak, selatan dinamai Sungai Kalang Tua.

Bambang juga menambahkan, didasari jumlah penduduk, di Kijang Kota telah mencapai 27 ribu jiwa, dengan luas sekitar 23 kilometer per segi, maka pemekaran memang layak
dilakukan.

Terpisah, Camat Bintan Timur, Rusli mengatakan, masyarakat Kijang sangat mendukung pemekaran ini. Jika terealisasi, maka Kecamatan Bintan Timur akan memiliki enam kelurahan. “Dengan pemekaran ini kesejahteraan masyarakat meningkat,” harapnya. (cr21)

Update