Jumat, 19 April 2024

Batam Dapat Tambahan Delapan Ribu Blanko E-KTP

Berita Terkait

 

ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam kembali mendapatkan tambahan delapan ribu blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

“Alhamdulillah, Jumat kemarin kami baru jemput dari Kemendagri,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar, Selasa (24/10).

Tambahan delapan ribu keping blanko e-KTP ini belum bisa sepenuhnya mengcover kebutuhan e-KTP yang sudah menumpuk hingga saat ini. Ia menyebutkan dari Januari hingga Oktober 2017 ini jumlah pengajuan yang masuk mencapai 58 ribu pengajuan.

“Jadi kami masih butuh 50 ribu keping blanko e-KTP lagi,” sebutnya.

Delapan ribu keping blanko ini akan dibagi merata di 12 kecamatan yang ada di Batam. Pihaknya akan memanggil seluruh camat untuk menyerahkan data pengajuan sesuai tanggal perekaman.

“Database kami sudah punya, hanya saja membutuhkan pengajuan dari masing-masing camat, karena mereka yang mengetahui data lanjutan yang harus dicetak,” terang mantan Kabag Tapem Pemko Batam ini.

Said mengungkapkan saat ini terdapat 10 mesin cetak e-KTP yang ada di kantor Disdukcapil, jika tidak ada masalah pencetakan delapan ribu keping blanko ini akan selesai dalam empat hari kerja. “Sekarang kan cetak di kami, jadi bisa ngejar penyelesaian e-KTP dengan cepat,” tambah Said.

Mereka yang belum pernah memiliki e-KTP akan menjadi prioritas pencetakan e-KTP. “Masih sama seperti sebelumnya, kami dahulukan pemula, sedangkan yang rusak dan hilang menunggu dulu,” imbuhnya.

Said meambahkan, pihaknya berusaha untuk mengoptimalkan pencetakan e-KTP, karena hal ini juga mempengaruhi untuk mendapatkan tambahan blanko. “Prinsinya blanko akan ditambah jika Pemda menyelesaikan pencetaka, makanya kami kejar penyelesaian pencetakan, dan berharap bisa mendapat tambahan blanko, sehingga tahun ini kami bisa merampungkan pencetakan pengajuan yang masih menumpuk,” tutupnya.

Sebelumnya, Batam juga mendapatkan tambahan blank sebanyak empat ribu keping, jika ditotalkan hingga Oktober ini Batam telah diberikan 12 ribu keping blanko e-KTP.(cr17)

Update