Jumat, 29 Maret 2024

Waspadai Tingginya Intensitas Hujan dan Angin

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Dhira Utama mengimbau masyarakat, khususnya nelayan untuk mewaspadai tingginya intensitas hujan dan angin kencang yang diprediksi akan terjadi selama sebulan kedepan.

“Saat ini memang potensi hujan di Kepri, khususnya Tanjungpinang dan Bintan, masih cukup tinggi. Ditambah, dengan pergerakan angin yang cukup kencang. Dan ini harus diwaspadai, terkhususnya bagi nelayan ,” jelas Dhira, di kantor BMKG Tanjungpinang, Rabu (25/10).

Ia menuturkan tingginya intensitas hujan dan angin ini dikarenakan saat ini telah terjadi perubahan transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Ditambah lagi, pergerakan angin juga cukup variabel, dan berubah-ubah, sehingga diperkirakan potensi hujan akan terus terjadi, mulai dari yang sedang hingga deras.

“Meskipun hujan terus terjadi, namun durasinya tidak akan lama,” ungkapnya.

Menurutnya, Kepri memiliki pola cuaca yang cukup unik. Dimana hujan yang kerap terjadi memang banyak berbentuk awan Kumulonimbus, jadi bersifat lokal hujannya. Seperti yang terjadi di Tanjungpinang dan Bintan.

Ia menyebutkan tingginya intensitas hujan dan angin yang kencang ini, tentunya juga akan berdampak terhadap tingginya gelombang laut, sehingga perlu diwaspadai bagi para nelayan.

“Laut Bintan, saat ini gelombangnya terbilang masih signifikan mulai 0,5 sampai 0,8 meter. Berbanding terbalik dengan gelombang laut Natuna dan Anambas yang lebih tinggi, mulai 0,5 sampai 1,2 meter,” sebutnya.

Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan, khususunya bagi nelayan yang ingin melaut untuk mencari ikan.

“Intensitas hujan yang tinggi akan sangat membahayakan bagi nelayan untuk itu harus lebih hati-hati,” imbuhnya. (cr20)

Update