Jumat, 29 Maret 2024

70 Napi Dipindahkan ke Lapas Kelas II A Tanjungpinang

Berita Terkait

Puluhan narapidana dipindahkan dari sel tahanan polres Natuna ke lapas Tanjungpinang menggunakan kapal Pelni Rabu (1/11). F. Aulia Rahman/batam Pos.

batampos.co.id – Kejaksaan Negeri Natuna kembali memindahkan puluhan narapidana yang sudah menjalani vonis sidang di pengadilan negeri Natuna ke lembaga pemasyarakatan kelas II A Tanjungpinang, menggunakan kapal pelni, sekitar pukul 04.00 WIB, Rabu (1/11).

Pemindahan narapidana tersebut menggunakan jalur laut dari Pelabuhan Selat Lampa menggunakan KM Bukit Raya. Napi yang mengenakan rompi orange (rompi tahanan,red) berdesak-desakan dengan calon penumpang kapal. Bahkan dengan dikawal personil polisi senjata lengkap, 70 napi menempati satu dek khusus tanpa ada penumpang lain.

“Napi yang dipindahkan ke Lapas Tanjungpinang menempati dek tersendiri. Tidak tercampur penumpang kapal lain. Supaya lebih aman dan mudah diawasi,” kata Waher Tarihoran, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Natuna.

70 narapidana yang dipindahkan sekarang kata Waher, sudah tidak lagi mampu tertampung di sel tahanan Polres Natuna. Karena selain narapida kasus umum, banyak narapidana nelayan asing tersandung kasus ilegal fishing yang harus menjalani hukuman.

Dijelaskan Waher, narapidana kasus umum yang dipindahkan diantaranya terlibat kriminal pencurian, narkotika, perlindungan anak dan pencabulan serta penganiayaan. Termasuk mantan anggota DPRD Natuna yang divonis bersalah dalam kasus asusila.

“Khusus napi nelayan asing, mereka rata-rata dipidana antara empat bulan sampai enam bulan kurungan di Lapas kelas II A Tanjungpinang,” ujar Waher.

Sementara Kapolres Natuna AKBP Charles Panuju Sinaga mengatakan, kebutuhan akan Lapas di Natuna menjadi hal yang mendesak. Pemindahan narapidana jalur laut penuh risiko rawan tidak bisa dideteksi. Apalagi menggunakan kapal penumpang umum.

“Di Natuna sangat butuh lapas. Pemindahan narapidana juga butuh waktu dua hari selama perjalanan di kapal. Ditambah perjalangan menuju ke pelabuhan Selat Lampa jaraknya sekitar 90 kilo meter dari Polres,” ujar Charles.(arn)

Update