Anggota Marching Band Gema Karimun saat latihan. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Marching band Gema Karimun memang baru terbentuk. Meski begitu, marching band binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Karimun ini sudah percaya untuk mewakili Kabupaten Karimun di Festival Marching Band Terbuka se-Sumantera di Pekanbaru, Jumat (3/11).

Anggota marching band yang terdiri dari pelajar SMA/sederajat ini, sudah dua bulan mempersiapkan diri. Mereka pun bertekad untuk mengukir prestasi tertinggi.
“Hingga saat ini tidak ada kendala dalam latihan. Mudah-mudahan, Marching Band Gema Karimun berhasil mengukir prestasi,” jelas Kepala Bidang Pemuda Dispora Karimun Agusman, kemarin (1/11).

Di festival tersebut, peserta harus menampilkan lagu wajib dan lagu pilihan menggunakan alat marching band. Selain itu, perpaduan keserasian antara pakaian dan penampilan turut menjadi penilaian tersendiri.

Marching band Gema Karimun memiliki anggota sebanyak 65 orang termasuk pelatih. Selama pelatihan, mereka dibuat secara berkelompok seperti pembawa bendara, drum, dan penari. Tujuannya supaya benar-benar mahir dalam satu kesatuan marching band.
“Target pasti ada. Tapi paling penting memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk tampil di publik. Agar bisa menjadi pengalaman untuk mencurahkan semua kemampuan dalam memainkan marching band,” ungkapnya.

Dengan mengikuti festival tersebut, lanjut Agusman pihaknya sebagai fasilitastor memberikan kesempatan selebar-lebarnya kepada pelajar yang mempunyai bakat marching band untuk itu bergabung di Gema Karimun. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yakni melatih kepekaan dalam hal bermusik.

Secara ilmiah, musik akan merangsang aktifnya otak bagian kanan yang cenderung jarang digunakan oleh mereka yang sehari-harinya lebih banyak berkutat dengan logika dan angka.

“Intinya bagaimana mereka bisa berinteraksi dan beradaptasi dengan rekan-rekan yang berbeda sekolah. Serta, bisa menimba ilmu yang didapat dan memperluas tali silaturahmi antar grup marching band dari daerah lain,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, para anggota Marching Band Gema Karimun serius ketika mengikuti latihan. (tri)