Kamis, 28 Maret 2024

Tahun Kedua Pembangunan Masjid Agung Dianggarkan Rp 99,5 Miliar

Berita Terkait

 

Pekerja menurunkan tiang pancang dari truck kontainer di proyek Masjid Agung 2, Tanjunguncang, Batuaji, Rabu (1/11). Proses pengerjaan masji Agung 2 masih tahap pemasangan tiang pancang. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam menganggarkan Rp 99,5 miliar untuk pembangunan fisik Masjid Agung Batuaji.

Pembangunan Masjid Agung di Batuaji memakan anggaran sebesar Rp 248 miliar. Pembangunan masjid Agung dilakukan dengan sistem multiyears dengan target selesai 2021 nanti.

“Tahun kedua ini dianggarkan Rp 99,5 miliar,” kata anggota Komisi II DPRD Batam, Idawati, kemarin.

Peanggaran ini terdiri dari honorarium jasa tenaga ahli, biaya manajemen kontruksi pembangunan masjid serta pembangunan fisik masjid Agung Batuaji. “Cukup besar karena sudah mulai pembangunan fisik,” tuturnya.

Aman, anggota komisi IV DPRD Batam menambahkan, pembangunan masjid agung menggunakan APBD yang sangat luar biasa. Pembangunan akan berkelanjutan dari tahun ke tahun dan diprediksi akan selesai selama 4 tahun.

“Anggarannya murni APBD dan tiap tahun kita anggarkan,” katanya.

Masjid Agung Batam ini terletak di Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji. Lokasinya persis di tepi Jalan Brigjen Katamso, pemisah Kecamatan Batuaji dan Sagulung dengan luas 4,2 hektare.

Masjid berarsitektur Arab-Turki-Melayu ini diperkirakan dapat menampung sampai 18.563 jamaah.

Pada bagian ballroom mampu tampung hingga 5.485 jamaah, bangunan utama bisa tampung 5.748 jamaah, lantai atas 1.175 jamaah, dan area koridor bisa menampung hingga 5.615 jamaah. (rng)

Update