Selasa, 23 April 2024

Fokus Tata Dompak Sampai 2020

Berita Terkait

Masjid Raya Nur Ilahi Dompak menjadi salah satu ikon Pulau Dompak. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menargetkan Pulau Dompak, Tanjungpinang sudah tampil elegan pada 2020 mendatang. Menyiasati keingin tersebut, Gubernur Nurdin akan membentuk badan khusus yang diberi tanggungjawab untuk mengelola Pulau Dompak. Lewat APBD 2018 nanti, ada beberapa pembangunan strategis yang akan dilakukan.

“Kita targertkan bentuk Dompak sebenarnya sudah terlihat pada 2020 nanti,” ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun disela-sela meninjau pelaksanaan penataan Jembatan I Dompak, Tanjungpinang, Kamis (2/11).
Menurut Gubernur, khusus untuk penataan Dompak, Dinas Pekerjaan Umum membutuhkan anggaran lebih kurang Rp100 miliar. Ditegaskannya, karena kekuatan keuangan daerah terbatas, tentu prosesnya akan dilakukan secara bertahap. Mantan Bupati Karimun tersebut yakin, Dompak akan memberikan warna tersendiri bagi nama besar Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.
“Terlepas daripada itu, kita juga mendukung rencana pembangunan yang kita susun. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjadikan Tanjungpinang ini menjadi lebih baik dan lebih maju,” jelas Gubernur.
Ditambahkan Gubernur, Dompak dirancang bukan hanya untuk pusat   Pemerintahan Provinsi Kepri saja. Tetapi akan juga dipersiapkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Di tahun depan, Pemprov Kepri juga akan memulai penataan kawasan wisata mangrove. Kemudian di kawasan Masjid Raya Dompak akan dipercantik lagi.
“Kita berharap pembangunan yang kita lakukan nanti, bisa membantu peredaran ekonomi masyarakat. Karena di kawasan masjid akan ada tempat-tempat usaha bagi masyarakat,” tutup Gubernur.
Sementata itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertahanan, Abu Bakar yang ikut mendampingi Gubernur menambahkan, perkiraan sementara untuk penataan jalan dan trotoar di kawasan Dompak membutuhkan anggaran lebih kurang Rp100 miliar. Jumlah tersebut diluar untuk penerangan jalan.
“Kita akan melakukan pembangunan secara bertahap. Khusus untuk penerangan jalan, akan menjadi tanggungjawab Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kepri,” ujar Abu Bakar menambahkan.(jpg)

Update