Sabtu, 20 April 2024

Giatkan Gotong Royong

Berita Terkait

Piala Adipura diarak keliling kota Tanjungpinang, Jumat (4/8). F.Yusnadi/Batam Pos.

batampos.co.id – Pemerintah Kota Tanjungpinang terus berusaha untuk mempertahankan Piala Adipura.  Sekretaris Daerah Riono memimpin langsung rapat persiapan penilaian Adipura 2018, kemarin. Ia mengimbau agar setiap kelurahan mulai kembali menggiatkan gotong-royong di sekitar lingkungannya.

“Area jalan utama lebih diutamakan, perhatikan gulma di parit dan bahu jalan,” ujar Riono.Disebutkan Riono, bahwasanya kendati tahun ini belum berakhir, penilaian kebersihan sebuah kota sudah akan dilangsungkan. Riono memperkirakan, tim penilai tahap pertama sampai di Tanjungpinang pada pekan kedua atau ketiga bulan ini.

Kerja mempertahankan Adipura, sambung Riono, akan semakin sulit. Mengingat setiap tahun tahun syarat-syarat yang harus dipenuhi semakin diperketat. Saat ini, tim penilaian tidak menentukan titik pantau yang akan dinilai.

“Karena itu, kita harus siap, jadi ketika titik pantau yang menjadi penilaian oleh tim Adipura, dinilai telah memenuhi standar,” ujarnya.

Selain kebersihan di seputar jalan utama, Pasar Bintan Centre juga menjadi perhatian. Termasuk pula kompos di sekitar kantor wali kota. Yang tidak kalah penting, sambung Riono, adalah pemantauan di beberapa titik lokasi yang masih ada tumpukan sampahnya.

“Penilaian bukan hanya bersih dan teduh saja, tetapi sampah terolah. Pengolahan sampah di perumahan kelemahannya komposter, jika ini dimanfaatkan sisa sampah rumah tangga bisa diolah agar punya nilai ekonomi,” ucapnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yuswandi menjelaskan bahwa Tim penilai direncanakan berada di Provinsi Kepri selama 12 hari, dan untuk penilaian ada beberapa kriteria tambahan, di antaranya ketersediaan kawasan kampung iklim, bank sampah induk (berbentuk koperasi), adanya pengomposan RT/RW dalam satu wilayah pemukiman. (aya)

Update