Jumat, 29 Maret 2024

Melihat Tanjungpinang dari Menara Masjid Raya Nur Ilahi

Berita Terkait

Salah satu pengunjung menikmati pemandangan jembatan Dompak dari menara di Masjid Raya Nur Ilahi, Tanjungpinang, kemarin. F. Jailani/Batam Pos.

batampos.co.idIngin melihat keindahan keseluruhan Tanjungpinang dari ketinggian, Anda bisa berkunjung ke menara di Masjid Raya Nur Ilahi.

Terbatasanya destinasi wisata di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan kreativitasnya. Pemerintah Provinsi Kepri sudah menyiasati hal itu, yakni dengan membangun sebuah menara di Masjid Raya Nur Ilahi, Tanjungpinang. Begini sensasinya berada diatas menara setinggi 57 meter tersebut.

Meskipun masih dalam proses perbaikan lift untuk menuju ke puncak Menara Masjid Raya Dompak. Pertengahan pekan lalu, Batam Pos diberi kesempatan mendaki ke puncak menara. Lantaran lift utama masih belum berfungsi. Walaupun terpaksa mendaki tangga demi tangga, tetapi hal itu terbayarkan setelah sampai diujung menara.

Menara yang tingginya lebih kurang 57 meter tersebut, benar-benar memberikan sensasi yang luar biasa. Karena dari atas menara bisa melihat pesona indahnya Jembatan I Dompak Tanjungpinang. Selain disuguhkan birunya laut, juga indahnya Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang dari ketinggian.

Kemudian dari menara tersebut juga bisa melihat keindahan sekitar Pulau Dompak. Meskipun belum banyak bangunan yang berdiri, tetapi beberapa waktu kedepan wajah Dompak akan berubah. Rampungnya Jembatan I Dompak sudah memberikan sentuhan baru bagi berkembangnya pariwisata Dompak kedepan.

“Dilengkapinya Masjid Raya ini dengan Menara yang menjulang tinggi memang untuk mendukung Dompak sebagai destinasi wisata Tanjungpinang tentunya,” ujar Ketua Masjid Raya Dompak, TS. Arif Fadillah.

Pria yang sehari-hari bertugas sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri tersbut menjelaskan, sekarang masih dalam tahap perbaikan akses untuk menuju ke atas menara. Selain itu, perlu pembenahan-pembenahan didalam bangunan menara. Sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang datang ke seni.

“Pemprov Kepri juga sudah memberikan perhatian untuk mempercantik kawasan masjid ini. Memang semua butuh proses, untuk menjadi Tanjungpinang lebih maju dan lebih baik. Terpisah, Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan (Perkim)

Kepri, Heru Sukmoro mengatakan, Pemprov Kepri tahun 2017 ini melakukan pembenahan menyeluruh, terhadap Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, Tanjungpinang dengan anggaran sebesar Rp2 miliar lebih. Pembenahan itu melingkupi pekerjaan perbaikan lift, gedung masjid yang telah rusak, serta melakukan pembenahan lainnya.

Dijelaskannya, Masjid Raya Dompak ini sejak diresmikan pada tahun 2013 lalu, belum pernah dilakukan perbaikan secara menyeluruh, seperti saat ini. Memang, perbaikan kecil pernah dilakukan, namun hal itu karena bangunan masjid mengalmi bocor dan kerusakan kecil lainnya.

Bahkan terangnya, keberadaan Lift yang berada di menara Masjid, sejak dibangun hanya dioperasikan beberapa kali saja. Hal ini karena, pada saat itu belum ada listrik dan hanya mengndalakan genset. Sehingga, tidak difungsikan dengan maksimal.

“Setelah tersediannya listrik, ternyata lift ini sudah mengalami kerusakan. Sebab, lebih dari dua tahun lift ini tidak difungsikan. Sehingga, sepertinya ada komponen elektronik mesin lift yang rusak, tentunya kita harus memperbaiki agar bisa berfungsi,” paparnya.

Mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) tersebut berharap, nantinya setelah lift ini berfungsi, maka keberadaan Masjid Raya Dompak ini akan lebih ramai dengan jamaahnya. Sebab, dengan adanya menara ini masyarakat bisa menikmati panorama alam disekita r dompak dan Kota Tanjungpinang secara utuh.

Ditambah, lagi dengan telah berfungsinya Jembatan Dompak, sehingga masyarakat lebih mudah mengaksesnya dan diharapkan akan semakin semarak Masjid ini dnegan kegiatan keagamaan. “Menara Masjid ini tingginya sekitar 57 meter. Dan karena Masjid ini berada diatas bukit, sehingga bila kita naik ke menaranya, pemandangan kota, laut dan lainnya dapat terlihat dengan jelas. Bila menaiki tangga menara kira-kira 15 hingga 20 menit, untuk sampai ke puncak menara,” jelasnya

Sedangkan untuk perbaikan secara utuh gedung Masjid jelasnaya, yakni perbaikan kubah dan atap beton yang bocor, selain itu perbiakan disejumlah titik termasuk pemasangan tegel, pengecatan dan pembenahan taman yang sudah ada. “Kita targetkan perbaikan Masid Raya Nur Ilahi Dompak ini, akan selesai sesaui target yakni pada bulan November mendatang. Sebenarnya, atas akhir kontrak perbaikan ini bulan Desember. Saat ini, tim teknisi lift tengah bekerja memeprbaikinya dan diharapkan akan bisa berfungsi dengan baik,” tutup Heru. (jpg)

Update