Sabtu, 20 April 2024

Tingkat Kemiskinan Bintan Menurun

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pelaku kube dan uep pesisir di kantor bupati bintan di bintan buyu, kamis (16/11) kemarin. F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi mengungkapkan, tingkat kemiskinan di Bintan menurun dari 6,4 persen menjadi 6,01 persen. Hal ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan.

“Sejak tahun 2015, 2016 dan 2017 tingkat kemiskinan di Bintan menurun,” ungkapnya dalam acara penyerahan bantuan kepada 47 Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan 400 Usaha Ekonomi Produktif (UEP) pesisir yang menerima bantuan sebesar Rp 1,7 miliar di aula Kantor Bupati Bintan di Bandar Seri Bentan di Bintan Buyu, kamis (16/11) pagi.

Apri Sujadi mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan komitmen bersama pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam rangka mengentaskan kemiskinan karenanya, melalui program bantuan ini langsung menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat.

Tak hanya itu, Apri juga berpesan kepada penerima bantuan agar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan usaha perekonomian masyarakat. Dan kepada pendamping kube, ia meminta agar menjalankan tugas dan memberikan bimbingan yang
baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bintan Naharudin mengatakan bahwa Tahun Anggaran 2017, melalui Dana APBN dalam Program penanganan Fakir miskin, dari total 47 Kube dan 400 UEP yang diserahkan. Dengan rincian jelasnya, Kube APBN Pedesaan berjumlah 23 Kube dengan total anggaran Rp 444 juta, Kube APBN Jasa e Warong dengan total 4
Kube dengan Anggaran Rp 120 juta, KUBE Dekon Perdesaan 20 Kube, di mana masing-masing menerima Rp 20 juta dan total anggaran Rp 400 juta serta Kube UEP Pesisir berjumlah 400 UEP, di mana masing-masing menerima Rp 2 juta dengan total keseluruhan berkisar Rp 800 juta.

“Selain itu kita menyerahkan bantuan untuk rehab rumah sebanyak 75 rumah melalui APBN sebesar Rp 1,125 miliar, di mana setiap rumahnya menerima anggaran berkisar Rp 15 juta,” tutupnya.

Hadir dalam penyerahan itu Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah Pesisir, Pulau Pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Kemensos RI Akifah Elansari, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua DPRD Kabupaten Bintan Nesar Ahmad dan Pimpinan BNI Cabang Tanjungpinang, Nasri Indra. (cr21)

Update