Jumat, 19 April 2024

Batam Pos Juara 1 Anugerah Jurnalis Pertamina 2017

Berita Terkait

batampos.co.id – Harian Pagi Batam Pos kembali menorehkan pretasi di kancah nasional. Kali ini, di ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2017 yang digelar di Gedung Arsip Nasional Jakarta, Jumat (17/11) malam. Dua orang jurnalis Batam Pos keluar sebagai juara dalam ajang tersebut.

Wartawan Batam Pos, Suparman meraih Juara 1 dalam kategori Features Media Cetak. Karyanya berjudul “Suka Duka Pertamina Mendistribusikan BBM hingga Pulau Terdepan NKRI: Menembus Angin Utara, Mengalahkan Ombak Laut Cina“, mampu menyisihkan karya wartawan lain dari Harian Singgalang yang menempati juara kedua. Sedangkan karya dari wartawan Investor Daily, keluar sebagai juara ketiga.

“Alhamdulillah, mudah-mudahan memotivasi saya untuk terus berkarya dan menorehkan prestasi lainnya lagi,” kata Suparman usai menerima penghargaan, tadi malam.

Selain Suparman, Fotografer Batam Pos, Dalil Harahap juga menorehkan prestasi. Karya fotonya berjudul “Bright Gas Kawan Ibu Cerdas” yang tayang di laman batampos.co.id, masuk sebagai Juara Kategori Foto Pilihan Juri AJP 2017.

“Saya lihat ibu-ibu ramai lomba memasak dengan antusias dan gembira di Kepri Mall saat launching Bright Gas 5,5 Kilogram,” kata Dalil menjelaskan fotonya tersebut.

Sementara itu, Vice President (VP) Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito mengatakan, antusiasme wartawan dari seluruh Indonesia untuk mengikuti AJP 2017 cukup tinggi. Tercatat, ada 2.164 karya tulis dan foto yang masuk dan mengikuti lomba tersebut.

“Dari tahun ke tahun, jumlah yang ikut terus meningkat,” kata Adiatma.

AJP 2017 dibagi dalam 9 kategori, yakni Features Media Cetak, Hardnews Media cetak, Features Online, Fatures Televisi, Features Radio, Publikasi Corporate Social Responsibility, Publikasi Olahraga, Essay Foto, dan Citizen Journalism. Sementara untuk kategori Foto Pilihan Juri menentukan 25 pemenang.

Ia menyebut, dari semua kategori lomba, terdapat 53 pemenang. Dari jumlah itu, 32 di antaranya merupakan jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

Di tempat yang sama, Direktur Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, AJP 2017 diharapkan menjadi kontes bagi para jurnalis sekaligus kesempatan untuk turut menyebarkan informasi yang benar dan akurat ke masyarakat tentang peran Pertamina.

“Sehingga jurnalis ikut mengedukasi masyarakat,” kata Manik.

Tak hanya itu, dengan perlombaan ini juga diharapkan dapat menepis banyaknya berita bohong (hoax) yang kini mudah berkembang dan tersebar di era digital.

“Sehingga jika ada masalah, bisa segera dicarikan solusinya,” tuturnya. (rna)

Update